Link Twitter Kementerian Kesehatan

Twitter Kementerian Kesehatan

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) adalah kementerian pemerintah Indonesia yang bertanggung jawab di bidang kesehatan. Departemen Kesehatan bertanggung jawab kepada dan merupakan tanggung jawab Presiden. Di pucuk pimpinan Kementerian Kesehatan adalah Menteri Kesehatan (Menkes) yang posisinya dijabat oleh Budi Gunadi Sadikin sejak 23 Desember 2020.

Agar segala informasi tersampaikan ke masyarakat dengan baik maka kementerian kesehatan kini memiliki yang Namanya twitter kementrian Kesehatan yang bisa di akses oleh siapa saja dimana dan kapan saja.

Tugas dan Tugas Kementerian Kesehatan

Misi Departemen Kesehatan adalah menangani urusan pemerintahan di bidang kesehatan untuk membantu presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan umum. Dalam melaksanakan tugasnya, Kementerian Kesehatan menyelenggarakan tugas sebagai berikut:

  • Merumuskan, menetapkan dan melaksanakan kebijakan di bidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan kesehatan dan kefarmasian, alat kesehatan dan tenaga kesehatan;
  • Koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan dan dukungan administrasi seluruh bagian organisasi di lingkungan kementerian kesehatan;
  • Pengelolaan barang milik negara yang berada di bawah yurisdiksi kementerian kesehatan;
  • Pemantauan pelaksanaan tugas kementerian kesehatan;
  • Pelaksanaan bimbingan teknis dan supervisi penyelenggaraan urusan kementerian kesehatan di daerah;
  • Pelaksanaan penyusunan dan pemberian rekomendasi pembangunan bidang kesehatan; dan
  • Terwujudnya dukungan material bagi seluruh bagian organisasi di lingkungan kementerian kesehatan.

Apa nama Kementerian Kesehatan Indonesia?

Lahir di Yogyakarta pada tanggal 5 Agustus 1964, Letjen (Purn) Dr. dr Terawan Agus Putranto, Sp. roda (K)RI diambil sumpahnya sebagai Menteri Kesehatan Kabinet Indonesia Tingkat Tinggi Indonesia 2019-2024. Sebelumnya menjabat sebagai Kepala RSPAD Gatot Soebroto Jakarta sejak 2015.

Selain itu, beliau adalah Presiden Perhimpunan Dokter Spesialis Radiologi Indonesia (sejak 2014), Presiden Dunia Komite Medis Militer Internasional Dunia (2014-2017), Wakil Presiden Komite Medis Militer Internasional Dunia (2017). -2019). ), President of ASEAN Radiology Society (sejak 2014), President Indonesia, Doctoral Vice President (sejak 2015) dan Dosen Radiologi di Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada dan Universitas Pelita Harapan.

Lulusan Kedokteran Umum Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada pada tahun 1990, menyelesaikan spesialisasi Radiologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya pada tahun 2004 dan Dr. Hasanuddin dari Fakultas Kedokteran Universitas Makassar pada tahun 2013. Penghargaan terakhir yang diterima adalah Lencana Kesetiaan Tahun XXIV, Lencana Dwidya Sistha dan Lencana Dinas Kesehatan Timor Timur.

Kesehatan dan pengertian sehat

Kesehatan sebagai keadaan sejahtera fisik, mental dan sosial secara utuh, bukan hanya bebas dari penyakit atau cedera/cacat (Fertman, & Allensworth, 2010). Masa depan yang cerah mendefinisikan kesehatan tidak hanya sebagai kebebasan dari kematian dan penyakit, tetapi juga sebagai pencapaian totalitas anak-anak yang mungkin, dengan upaya memberi ruang bagi anak-anak yang sehat sama pentingnya dengan mengobati/mengurangi penyakit atau trauma (Bernstein, 2005). 

Kesehatan juga dipandang sebagai bentuk keseimbangan antara individu (seperti inang), agen (seperti bakteri, virus, dan racun), dan lingkungan, sehingga interaksi tidak hanya antara individu dan agen, tetapi juga juga dengan orangnya Lingkungan untuk menciptakan kondisi yang sejahtera tersebut (Fretman, & Allensworth). , 2010). 

Kesehatan dapat diringkas sebagai proses dinamis yang menjaga dan mendukung integritas seseorang (keseimbangan fisik dan mental) dan adaptasi yang optimal terhadap lingkungan. Dari perspektif penyakit, kesehatan adalah keadaan fungsi yang utuh dan keadaan yang lebih baik/kekayaan dimana seseorang dipandang mampu berfungsi dengan baik, cukup beradaptasi dengan lingkungan, dan merasa lebih baik (dalam istilah subyektif) (Leddy, 2006). 

Selain itu, Arnold dan Breen menjelaskan bahwa keadaan sehat tidak hanya berarti kesejahteraan fisik, mental dan sosial, tetapi juga mencapai keseimbangan antara pertumbuhan, fungsi, integritas dan kondisi yang lebih baik, sumber daya yang lebih kuat dan lebih efisien. Fertman dan Allensworth, 2010). Seseorang dianggap sehat ketika merasa lebih baik, lebih kuat, memiliki fungsi tubuh yang baik dan dapat beradaptasi dengan lingkungannya secara memadai.

Faktor yang mempengaruhi kesehatan

Ada tiga tingkatan kondisi dan perilaku yang mempengaruhi kesehatan (Fretman, & Allensworth, 2010):

1) Tingkat individu atau intrapersonal

Karakteristik individu yang mempengaruhi perilaku, seperti pengetahuan, perilaku, kepercayaan, dan sifat kepribadian)

2) Tingkat antar pribadi

Proses interpersonal dan kelompok primer termasuk keluarga, teman, kelompok sebaya yang memberikan identitas sosial, dukungan, dan definisi peran

3) Tingkat populasi (mencakup 3 faktor yaitu institusi/organisasi, modal sosial dan kebijakan publik)

  • Faktor kelembagaan/organisasi, termasuk peraturan, regulasi, praktek dan struktur informal yang mencegah atau mendorong perilaku yang diinginkan
  • Faktor modal sosial, meliputi hubungan sosial dan standar atau norma, baik formal maupun informal, antara individu, kelompok atau organisasi tempat seseorang tinggal atau bekerja
  • Faktor kebijakan publik, termasuk kebijakan dan undang-undang lokal, provinsi dan nasional yang mengatur dan mendukung intervensi dan pencegahan kesehatan, deteksi dini, pengawasan dan pengendalian penyakit.

Faktor terkait kesehatan lainnya menurut WHO (2019):

1. Lingkungan sosial dan ekonomi seperti pendapatan, status sosial

2. Lingkungan fisik, seperti air dan udara yang bersih, tempat kerja yang sehat, perumahan yang aman, masyarakat dan hal-hal lain yang mendukung kesehatan.

3. Sifat dan perilaku individu

4. Tingkat pendidikan

5. Kontribusi genetik

6. Layanan Kesehatan yang Dapat Diakses

7. Seks, pada beberapa penyakit seks bisa berperan

8. Jaringan dukungan sosial, seperti budaya, tradisi.

Berikut Twitter Kementerian Kesehatan

Agar kamu dapat terus update tentang Kesehatan yuk ikutin infonya melalui twitter kementerian Kesehatan yaitu @KemenkesRI

Demikianlah ulasan mengenai kementerian Kesehatan. Terimakasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat ya guys SEE YAA!!!

Leave a Comment