Komunitas Sosial Di Indonesia Sebagai Wadah Membantu Sesama

Komunitas Sosial Di Indonesia


Sekarang ada banyak cara berbeda yang bisa Anda bagikan kepada semua orang yang membutuhkan. Tapi terkadang orang tidak tahu bagaimana melakukannya dengan benar.

Nah, bergabung dengan komunitas sebagai relawan mungkin merupakan tempat yang tepat untuk menyebarkannya. Nah kali ini saya ingin menyebutkan beberapa komunitas relawan yang ada di Indonesia. Apakah kamu? Mari kita tonton bersama!

Manfaat bergabung dengan komunitas sosial

Bertemu dengan banyak orang dan membangun relasi

Manfaat pertama bergabung dengan komunitas relawan di Indonesia adalah kesempatan untuk bertemu dan menjalin relasi dengan banyak orang baru.

Kerelawanan dapat memperluas persahabatan dan membuka kesempatan baru yang mungkin tersedia hanya untuk menjadi bagian dari komunitas.

• Mendapat Pengalaman Baru

Keuntungan selanjutnya menjadi bagian dari komunitas Indonesia tentunya adalah kesempatan untuk mendapatkan pengalaman baru yang sangat berguna untuk keterampilan sosial.

Pengalaman sangat berharga. Kesukarelawanan juga memberi Anda pengalaman baru yang secara tidak langsung mengasah keterampilan Anda di bidang sosial.

• Mengajarkan Nilai-Nilai Kehidupan 

Menjadi sukarelawan dalam berbagai kegiatan di komunitas membuka pandangan Anda terhadap nilai-nilai kehidupan yang lebih luas. Membantu seseorang yang membutuhkan melipatgandakan rasa terima kasih Anda.

Mampu Mengembangkan Kepekaan terhadap Sesama

Bergabung dengan komunitas relawan di Indonesia memungkinkan Anda melatih empati dan kepekaan terhadap orang lain secara bersamaan. Anda dapat mengetahui situasi saat ini berdasarkan isu-isu sosial yang diangkat.

• Mengatasi Stress dan Berdampak Baik Bagi Kesehatan Mental

Nah, keuntungan terakhir yang bisa kamu dapatkan ketika bergabung ke komunitas relawan di Indonesia adalah, sebagai salah satu langkah terbaik dalam mengatasi stress sekaligus berdampak baik bagi kesehatan mental.

Komunitas Relawan di Indonesia

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa komunitas relawan di Indonesia yang bisa kamu coba untuk ikuti, yaitu adalah:

1. Ketimbang Ngemis

Komunitas relawan di Indonesia yang akan kita bahas pertama adalah Ketimbang Ngemis, yang merupakan sebuah komunitas sosial yang dibentuk oleh sekelompok anak muda pada tahun 2015 silam.

Mengusung moto “Say No To Ngemis”, komunitas ini hadir untuk memberikan apresiasi sekaligus bantuan kepada orang tua yang masih berusaha untuk mencari nafkah demi dirinya sendiri dan keluarga tercinta meski dalam keterbatasan fisik dan usia, dan menolak untuk mengemis.

Sejumlah program yang dijalan oleh para anggota komunitas relawan di Indonesia satu ini ialah berupa donasi setiap bulan serta mengajak para sosok mulia ini untuk jalan-jalan ke mall, project umroh, campaign project ketika Car Free Day, hingga berkumpul untuk menjalankan eksekusi bulanan.

Jika Anda lebih suka mendukung kegiatan yang dijalankan oleh komunitas Ngemis, Anda dapat memberikan donasi dengan mengunjungi website di http: http://ketimbangngemisjakarta.or.id/.

2. Ayo Dongeng Indonesia 

Komunitas relawan terdekat di Indonesia adalah Ayo Dongeng Indonesia, sebuah komunitas yang berfokus pada trauma healing untuk anak-anak dalam kegiatan pascabencana.

Seperti namanya, kegiatan utama para anggota adalah bercerita, yang memungkinkan mereka untuk secara tidak langsung mengaktifkan kegembiraan, motivasi, inspirasi dan imajinasi pada anak-anak.

Storytellingnya sendiri juga berlangsung di berbagai lokasi, antara lain Taman Bacaan, Rumah Singgah, dan kegiatan sosial lainnya.

Saat ini diketahui sekitar 30 relawan yang tergabung dalam komunitas Ayo Telling Indonesia di Jabodetabek. Mereka umumnya berasal dari berbagai profesi, seperti guru, pekerja kantoran, mahasiswa, dan pelajar di sekolah.

Jadi jika ingin bergabung dan berkontribusi bisa menghubungi komunitas melalui website resminya di https: https://ayodongengindonesia.com/

3. INDONESIA BERKEBUN

Sesuai dengan namanya, Indonesia Berkebun adalah salah satu komunitas relawan Indonesia yang fokus menjaga lingkungan, khususnya di perkotaan, dengan program urban farming.

Nah, urban farming sendiri bisa diartikan sebagai mengubah lahan tidur menjadi perkebunan produktif yang dioperasikan dengan bantuan masyarakat lokal.

Dengan semakin banyaknya orang yang peduli terhadap lingkungan, komunitas berkebun Indonesia telah tersebar di hampir 30 kota dan 8 kampus di Indonesia. Jika Anda ingin menjadi anggota komunitas berkebun

Indonesia, cukup kunjungi website kami di https: https://indonesiaberkebun.org/

4. Sahabat Indonesia Berbagi

Sahabat Indonesia Berbagi adalah komunitas relawan Indonesia yang fokus pada kegiatan sosial untuk membantu teman-teman kecil yang kurang mampu.

Biasanya berlangsung berbagai program dan kegiatan. Diantaranya mengadakan pertemuan dengan adik-adik yang kurang termotivasi untuk mengejar cita-citanya, memberikan pendidikan melalui media audiovisual untuk memberikan pengarahan kepada anak-anak serta memberikan wawasan dan pengetahuan baru.

Kini Sahabat Indonesia Berbagi tersebar di berbagai wilayah Indonesia seperti Jabodetabek, Makassar, Medan, Bandung, Pekanbaru, Mamuju, Majen, Surabaya dan Palu.

5. Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (Kophi)

Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (Kophi) adalah komunitas relawan Indonesia yang fokus pada gerakan lingkungan hidup Indonesia.

Kophi  telah melakukan banyak tindakan yang sangat berguna untuk mewujudkan visi dan misinya, seperti menyelenggarakan kursus pelatihan membuat lubang biopori di sekolah, kampanye aksi wisata bersih, dan mengedukasi anak jalanan tentang sanitasi air , pelatihan jamur, kamar anak dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, Kophi bergabung dengan WWF Indonesia untuk berpartisipasi dalam Earth Hour pada tahun 2011.

Salah satu komunitas relawan Indonesia kini tersebar hampir di setiap daerah, antara lain Aceh, Sumut, Sumsel, Lampung, Banten, Jawa Barat, Yogyakarta, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Barat.

Untuk berpartisipasi, silahkan kunjungi terlebih dahulu website resmi Federasi Pemuda Hijau Indonesia http://kophi.or.id/

Demikianlah ulasan mengenai komunitas sosial di indonesia. Semoga bisa memberikan kamu inspirasi ya dan segera bergabung di antara komunitas sosial tersebut. Terimakasih telah berkunjung dan SEE YAA!!!


Leave a Comment