Grup WA Pencak Silat Indonesia

Grup WA Pencak Silat Indonesia

Grup WA Pencak Silat Indonesia – Ada beberapa versi makna dari olahraga ini. Pencak silat memiliki arti dari dua kata yang menyusunnya. Pencak berarti gerak dasar bela diri yang memiliki peraturan, sedangkan silat memiliki arti gerakan bela diri yang paripurna dan bersumber dari rohani.

Grup WA Pencak Silat Indonesia

 

Seiring perkembangannya, terbentuk definisi baru untuk olahraga ini. Masih menurut Green, pencak digunakan untuk mengunggulkan unsur seni dan keindahan gerakan dan silat merupakan inti ajaran bela diri dalam sebuah pertarungan.

Pencak silat yang merupakan hasil budaya manusia Indonesia dalam membela serta mempertahankan eksistensi dan integritasnya. Olahraga pencak silat merupakan seni bela diri tradisional asli produk Kepulauan Nusantara. 

Olahraga ini juga tersebar dan dikenal luas di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Filipina Selatan, dan Thailand Selatan.

Dari sisi sejarah, olahraga pencak silat hampir mirip dengan olahraga renang. Ia ada lebih dulu sebelum dikonsep menjadi sebuah olahraga. Mengapa demikian? Karena pencak silat dan renang merupakan satu aktivitas yang diperlukan untuk bertahan hidup dan menghadapi tantangan alam.

Keduanya ada karena mengikuti insting manusia. Adapun pencak silat yang saat ini kita kenal merupakan pengembangan dari bela diri alami dari nenek moyang kita.

Begitupun nenek moyang Indonesia. Untuk keperluannya dalam menghadapi kondisi alam dan bertahan hidup, mereka mengambil inspirasi bela diri dari gerakan binatang yang ada di dekat mereka. 

Sebut saja gerakan kera, harimau, burung elang, dan ular. Namun, tidak menutup kemungkinan juga inspirasi tersebut didapatkan untuk keperluan berburu dan berperang.

Seorang ilmuwan sekaligus ahli beladiri asal Jepang, Donald Frederick “Donn” Draeger, menyebutkan bahwa bukti seni bela diri sudah ada sejak jaman Hindu-Budha di Kepulauan Nusantara dapat ditemukan pada artefak-artefak senjata.

Tidak hanya itu, ditemukan pahatan relief-relief di Candi Prambanan dan Candi Borobudur yang menggambarkan posisi kuda-kuda silat. Dalam bukunya yang berjudul Weapons and fighting arts of Indonesia, Draeger menyebutkan, bagi nenek moyang Indonesia, bela diri silat dan senjata memiliki kaitan yang sangat erat. Pasalnya, selain untuk keperluan olah tubuh, keduanya memiliki arti spiritual yang tertanam dalam kebudayaan Indonesia.

Pencak silat merupakan seni bela diri tradisi khas Indonesia yang telah ada dari generasi ke generasi. Pencak silat menjadi cabang bela diri kebanggaan Indonesia. Pencak silat berkembang ke seluruh wilayah Indonesia dengan masing-masing keunikan gerakan dan musik yang mengiringinya.

Bahkan, Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) telah memasukkan tradisi pencak silat yang menjadi usulan Indonesia ke Daftar Perwakilan dari Warisan Budaya Tak Benda Kemanusiaan.

Pencak silat mempunyai elemen yang membentuk warisan budaya tak benda. Tradisi pencak silat terdiri dari tradisi lisan, seni pertunjukan, ritual, dan festival, kerajinan tradisional, pengetahuan dan praktik sosial serta kearifan lokal.

Tidak hanya sekadar kekuatan pukul atau jalan jurus, pencak silat dapat membentuk karakter seseorang. Hal itu tergambar dari kata-kata pesilat.

Berikut ini beberapa kumpulan Grup WA Pencak Silat Indonesia.

  1. DISKUSI PENCAK SILAT #2
    https://chat.whatsapp.com/EU5Xh4kcNvDEaNzdRhtjQd

  2. DISKUSI PENCAK SILAT #3
    https://chat.whatsapp.com/ElEbSMZFbIBAa25YKUQ2Or

  3. Pencak Silat Indonesia
    https://chat.whatsapp.com/9CymY0P9mHK3EywbLDITj0

  4. PENCAK SILAT UNRI
    https://chat.whatsapp.com/EcgvDvUNp0cEWkuOkKbV2C

  5. DISKUSI PENCAK SILAT #4
    https://chat.whatsapp.com/AWJiCjII93V8UzYjKOaAIa

  6. Belajar di SSN Kediri (1)
    https://chat.whatsapp.com/GOR1NvwY9jj8lbKDpRcGZa

  7. Seni Bela Diri
    https://chat.whatsapp.com/HW4PWerTOG7JtPY87U7Ulh

  8. Pencak Silat

https://chat.whatsapp.com/AWJiCjII93V8UzYjKOaAIa?grup=pencak-silat

  1. PENCAK SILAT 1

https://chat.whatsapp.com/EU5Xh4kcNvDEaNzdRhtjQd?grup=pencak-silat–

  1. PENCAK SILAT 2

https://chat.whatsapp.com/ElEbSMZFbIBAa25YKUQ2Or?grup=pencak-silat–

  1. Pencak silat indonesia

https://chat.whatsapp.com/BQm4Ww1I68B8OjBXA7eYhE?grup=pencak-silat-indonesia———

demikianlah beberapa Grup WA Pencak Silat Indonesia. Silahkan kamu pilih grup mana yang ingin kamu gabung. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

Leave a Comment