Link GRUP WA Pekerjaan Teknik Sipil

PEKERJAAN TEKNIK SIPIL

Pekerjaan Teknik Sipil – Teknik sipil adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang perencanaan, perancangan, manufaktur, hingga konservasi guna mendukung terbentuknya suatu wilayah. 

Ilmu yang dipelajari di jurusan ini umumnya melibatkan matematika dan teknologi terapan. Dengan demikian, seorang lulusan teknik sipil dapat mengerti tentang desain dan konstruksi bangunan, dengan memperhatikan aspek lingkungan sekitarnya. 

Lalu, apa saja mata kuliah yang mesti diambil dan kemampuan yang mesti dikuasai oleh seseorang di jurusan teknik sipil? 

Berikut adalah beberapa nama mata kuliah yang akan menemani masa-masa studi Anda: Kalkulus, Fisika Dasar, Kimia Dasar, Dasar-Dasar Arsitektur, Pengantar Rekayasa dan Desain, Rekayasa Bahan Konstruksi Sipil, Mekanika Bahan, Mekanika Tanah, Rekayasa Lalu Lintas, Perancangan Geometrik Jalan, dan masih banyak lagi.

Jika teknik sipil merupakan jurusan yang juga harus mengerti tentang desain banguna. Teknik sipil memiliki banyak peluang di masyarakat. Selain menjadi karyawan swasta yang berkutat di industri perumahan, Anda juga bisa mencoba mendaftar di berbagai instansi pemerintahan. 

Beberapa instansi pemerintahan yang membutuhkan seorang lulusan teknik sipil adalah Badan Perencanaan Nasional atau BPN, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR, serta BUMN lain yang bergerak di bidang konstruksi.

Tidak perlu takut tidak mendapatkan pekerjaan setelah lulus karena masih banyak orang yang membutuhkan jasa untuk pembuatan rumah, gedung, hingga infrastruktur daerah. Belum lagi, pembangunan di Indonesia masih terus perlu digarap supaya makin merata dari satu wilayah ke wilayah lainnya. 

Jadi, kekhawatiran akan minimnya lowongan pekerjaan di bidang ini tidak perlu menjadi pikiran Anda lagi. Berikut ini merupakan profesi mahasiswa lulusan Teknik Sipil:

  • Insinyur Perencana Bangunan

Profesi ini bertanggung jawab untuk merancang proyek-proyek konstruksi, mengidentifikasi masalah potensial, dan merancang solusi. Selain itu, Insinyur Perencana Bangunan juga membuat perhitungan teknis dan memastikan proyek sesuai dengan standar dan peraturan yang berlaku.

  • Insinyur Struktural

Insinyur struktural fokus pada perencanaan dan analisis struktur bangunan, jembatan, dan fasilitas lainnya. Mereka memastikan bahwa konstruksi aman dan sesuai dengan standar kekuatan yang dibutuhkan.

  • Manajer Proyek

Manajer proyek adalah perencana utama proyek. Dalam hal ini, Manajer Proyek akan mengelola anggaran, sumber daya manusia, dan waktu untuk memastikan proyek berjalan dengan lancar. Profesi ini juga memainkan peran penting dalam mengawasi dan mengkoordinasikan tim proyek.

  • Insinyur Lingkungan

Insinyur lingkungan berfokus pada proyek-proyek yang mempengaruhi lingkungan. Mereka merancang solusi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan serta memastikan pematuhan terhadap regulasi lingkungan.

  • Konsultan Teknik

Konsultan Teknik Sipil bekerja secara independen atau untuk perusahaan konsultan yang memberikan layanan teknis kepada klien eksternal. Lulusan Teknik Sipil ini nantinya dapat memberikan saran ahli dalam berbagai proyek konstruksi.

  • Peneliti dan Pendidik

Beberapa lulusan Teknik Sipil memilih untuk menjadi peneliti di universitas atau bekerja di lembaga penelitian. Bahkan, peneliti dan pendidik ini nantinya akan berkontribusi pada inovasi dalam teknologi konstruksi dan mendidik generasi mendatang.

7 (Tujuh) Bidang Ilmu Teknik Sipil

  • Struktural

Cabang yang mempelajari masalah struktural dari materi yang digunakan untuk pembangunan. Sebuah bentuk bangunan mungkin dibuat dari beberapa pilihan jenis material seperti baja, beton, kayu, kaca atau bahan lainnya. 

Setiap bahan tersebut mempunyai karakteristik masing-masing. Ilmu bidang struktural mempelajari sifat-sifat material itu sehingga pada akhirnya dapat dipilih material mana yang cocok untuk jenis bangunan tersebut. 

Dalam bidang ini dipelajari lebih mendalam hal yang berkaitan dengan perencanaan struktur bangunan, jalan, jembatan, terowongan dari pembangunan pondasi hingga bangunan siap digunakan.

  • Geoteknik

Cabang yang mempelajari struktur dan sifat berbagai macam tanah dan batuan dalam menopang suatu bangunan yang akan berdiri di atasnya. 

Cakupannya dapat berupa investigasi lapangan yang merupakan penyelidikan keadaan-keadaan tanah suatu daerah, penyelidikan laboratorium serta perencanaan konstruksi tanah dan batuan, seperti: timbunan (embankment), galian (excavation), terowongan tanah lunak (soft soil tunnel), terowongan batuan (rock/mountain tunnel), bendungan tanah/batuan (earth dam, rock fill dam), dan lain-lain.

  • Manajemen Konstruksi

Cabang yang mempelajari masalah dalam proyek konstruksi yang berkaitan dengan ekonomi, penjadwalan pekerjaan, pengembalian modal, biaya proyek, semua hal yang berkaitan dengan hukum dan perizinan bangunan hingga pengorganisasian pekerjaan di lapangan sehingga diharapkan bangunan tersebut selesai tepat waktu.

  • Hidrologi

Cabang yang mempelajari air, distribusi, pengendalian dan permasalahannya. Mencakup bidang ini antara lain cabang ilmu hidrologi air (berkenaan dengan cuaca, curah hujan, debit air sebuah sungai, debit banjir, dsb), hidrolika (sifat material air, tekanan air, gaya dorong air dsb) dan bangunan air seperti pelabuhan, irigasi, waduk/bendungan(dam), kanal.

  • Teknik Lingkungan

Cabang yang mempelajari permasalahan-permasalahan dan isu lingkungan. Mencakup bidang ini antara lain penyediaan sarana dan prasarana air besih, pengelolaan limbah dan air kotor, pencemaran sungai, polusi suara dan udara hingga teknik penyehatan.

  • Transportasi

Cabang yang mempelajari mengenai sistem transportasi dalam perencanaan dan pelaksanaannya. Mencakup bidang ini antara lain konstruksi dan pengaturan jalan raya, konstruksi bandar udara, terminal, stasiun dan manajemennya.

  • Informatika Teknik Sipil

Cabang baru yang mempelajari penerapan Komputer untuk perhitungan/pemodelan sebuah sistem dalam proyek Pembangunan atau Penelitian. 

Mencakup bidang ini antara lain dicontohkan berupa pemodelan Struktur Bangunan (Struktural dari Materi atau CAD), pemodelan pergerakan air tanah atau limbah, pemodelan lingkungan dengan Teknologi GIS (Geographic information system).

Link grup wa pekerjaan teknik sipil

Demikianlah pembahasan mengenai pekerjaan teknik sipil. Semoga bisa menambah khazanah pengetahuan kita semua mengenai teknik sipil tersebut, sekian terima kasih.

Leave a Comment