TerUpdate Cara Bayar Tiket Kereta Api Via ATM BRI Dengan Mudah.

 Cara Bayar Tiket Kereta Api Via ATM BRI – Cara Bayar Tiket Kereta Api Via ATM BRI Perusahaan perbankan telah menawarkan berbagai fasilitas layanan untuk memudahkan nasabahnya melakukan berbagai macam transaksi salah satunya yaitu pembayaran tiket kereta api melalui ATM BRI dengan begitu penumpang akan merasa nyaman dan aman ketika melakukan transaksi pembayaran via ATM karena tidak perlu mengantri panjang dan upaya menghindari para calo tiket kereta api yang marak terjadi di sekitar kita.

Cara bayar tiket kereta api via atm BRI sangatlah praktis dan efisien. Cara ini tentulah sangat membantu nasabah dalam bertransaksi. Apalagi di zaman sekarang ini, kita sedang memasuki era revolusi industri atau orang biasa menyebutnya era 4.0 yang sebentar lagi akan memasuki era society 5.0.



Jalannya, revolusi industri 4.0 itu adalah era industri yang di mana seluruh entitas yang ada di dalamnya saling berkesinambungan dan dapat saling berkomunikasi secara real time kapan saja dengan sesuai dengan pemanfaatan teknologi internet serta CPS yang bertujuan untuk tercapainya kreasi nilai-nilai baru. Perbankan adalah salah satu sektor yang memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut. Salah satu contohnya adalah pembayaran tiket kereta api via atm BRI.

Kerjasama yang dilakukan kedua belah pihak antara Bank BRI dengan Badan Usaha Milik Negara yaitu PT KAI Indonesia selain menguntungkan kedua belah pihak juga menguntungkan nasabah itu sendiri. Pasalnya, ketika kita melakukan transaksi pembayaran tiket kereta api, kita tidak harus datang ke stasiun dan mengantri panjang untuk membayar tiketnya. Terlebih juga sekarang masih dalam masa pandemi, yang mengharuskan orang untuk tetap diam dirumah saja jika tidak ada keperluan yang sangat penting, atau boleh keluar tetapi harus tetap menjaga protokol kesehatannya.

Tak hanya bank BRI, pembayaran tiket kereta api juga bisa dilakukan di bank bank lainnya yang mensupport pembayaran tiket kereta api lewat atm. Misalnya seperti Bank Mandiri, Bank BCA, Bank BNI, Bank BPD atau bank bank lainnya. Tak heran, jika cara ini banyak dipilih oleh masyarakat sekarang ini.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan

Disamping tingkat keamanannya yang lebih tinggi dibanding ketika kita membayar langsung ke stasiun, kita juga dapat terhindar dari para calo tiket yang menawarkan tiket kereta api dengan harga yang lebih tinggi daripada harga aslinya. Adapun ketika anda ingin melakukan transaksi pembayaran tiket kereta api, anda harus memperhatikan hal-hal ini terlebih dahulu:

  1. Nama Pemesanan

  2. Kode Pembayaran

  3. Jumlah Pembayaran, dan

  4. Kode Perusahaan

Keempat hal diatas, dapat dilihat pada bukti pemesanan (booking) tiket kereta api yang biasanya dikirimkan ke email yang anda cantumkan pada saat pemesanan. Disamping itu, nomor kode perusahaan yang dimaksud adalah nomor PT Kereta Api yang otomatis sudah dicantumkan ketika anda memilih opsi pembayaran tiket kereta api via ATM BRI. Usahakan keempat hal diatas sudah sesuai, dan anda siap untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Bagaimana cara membayar tiket kereta api?

Pembayaran KAI Access

  1. Pastikan saldo di rekening anda mencukupi.

  2. Masukkan kartu ATM dan ketik nomor PIN.

  3. Pilih menu Bayar / Beli (sebelah kiri)

  4. Lalu menu Lainnya (pojok kanan bawah)

  5. Selanjutnya menu Tiket (kanan atas)

  6. Lalu Kereta Api (sebelah kanan tengah)

  7. Masukkan kode booking pada kolom isian.

  8. Konfirmasi.

Langkah langkah Bayar Tiket Kereta Api Via ATM BRI

  1. Datang ke mesin ATM terdekat anda

  2. Kemudian masukkan kartu ATM BRI

  3. Masukkan 6 digit PIN ATM anda

  4. Pilih “Transaksi lainnya” pada menu

  5. Pilih menu “Pembayaran”

  6. lalu pilih  menu “Lainnya”

  7. Pilih menu pembayaran “Ticketing” dan memilih menu “Kereta Api”

  8. memasukan 13 digit kode yang anda dapat setelah memesan tiket

  9. Cek kembali nominal yang harus anda bayar, nama pemesan jika semua telah sesuai dengan data anda tekan “Benar”

  10. Transaksi anda otomatis akan diproses

  11. Tunggu sampai struk keluar dari mesin ATM tanda bahwa transaksi anda telah berhasil

  12. Simpan struk sebagai bukti pembayaran jika suatu saat dibutuhkan.

Pemesanan melalui aplikasi KAI Access tidak melayani cash. Cara pembayaran KAI Access dapat melalui beberapa cara yaitu ATM, payment point, dan minimarket. KAI Access hadir untuk memudahkan calon penumpang kereta api dalam melakukan pemesanan tiket.


Leave a Comment