Simak Panduan Lengkap Cara Membuat Link Nomor WA di Instagram

 

Sumber : Unsplash.com

Aplikasi berkirim pesan WhatsApp merupakan aplikasi yang sampai saat ini berhasil menjadi aplikasi berkirim pesan nomor satu di Indonesia, bahkan dunia. Tidak hanya itu sekarang WhatsApp seperti berkolaborasi dengan instagram. Anda dapat menautkan kedua akun tersebut secara manual dengan cara membuat link nomor WA di Instagram.

Selain aplikasi WhatsApp, Instagram juga merupakan media sosial yang paling sering mendapatkan kunjungan oleh pengguna di Indonesia. Aplikasi yang berbasis gambar dan video ini berhasil menjadi favorit para pengguna untuk tujuan hiburan dan inspirasi.

Hal tersebut terbukti dengan semakin banyaknya pengguna yang mengakses aplikasi WhatsApp dan Instagram. Sekarang pun kedua akun media sosial ini tidak hanya menjadi pemenuh kebutuhan hiburan semata. Melainkan dapat menjadi media untuk mencari keuntungan dengan membuka usaha baru.

Bagi Anda yang merupakan wirausahawan, kedua aplikasi ini tentunya sangat membantu proses promosi Anda menjadi lebih mudah lagi. Apalagi ketika Anda menautkan kedua akun di aplikasi ini dengan cara membuat link nomor WA di Instagram.

Cara ini merupakan cara manual sehingga Anda membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya. Anda tidak perlu khawatir karena caranya sangat mudah untuk diikuti walaupun Anda memulainya dari 0. Silakan persiapkan akun WhatsApp dan Instagram jualan Anda yang ingin Anda tautkan.

Membuat dan Memasang Link WhatsApp di Instagram

Untuk menautkan dua buah akun, maka Anda harus memiliki hal yang akan membuat kedua akun tersebut terhubung. Dalam hal ini yang menjadi penghubung adalah link WhatsApp. Jadi, ketika Anda mengklik link tersebut, Anda akan langsung mengarah ke aplikasi berkirim pesan WhatsApp.

Tentunya link ini akan memberikan kemudahan bagi calon pembeli Anda yang ada di Instagram untuk menghubungi Anda melalui WhatsApp. Ini merupakan bentuk fasilitas dari WhatsApp dan Instagram yang dapat membuat akun jualan Anda nampak profesional.

Cara membuat Link Nomor WA di Instagramini terbagi menjadi dua tahapan. Tahapan Pertama adalah membuat link nomor ponsel Anda yang terhubung dengan aplikasi berkirim pesan WhatsApp. Lalu akan berlanjut ke tahap kedua, yaitu memasang link nomor WA tersebut ke akun Instagram Anda.

Membuat Link ke Nomor WA Anda dengan Mudah

Untuk membuat link nomor ini Anda tidak perlu aplikasi tambahan apapun atau situs tersendiri. Anda hanya perlu meng-copy sebuah link dan menggantinya dengan nomor telepon Anda. Berikut ini adalah link yang harus Anda copy:

https://api.WhatsApp.com/send?phone=NomorTelepon

Dari link nomor WA di atas, Anda hanya perlu memasukkan nomor telepon yang tertaut di akun WA ke bagian nomor telepon. Gunakan pula kode negara pada bagian depan nomor telepon Anda. Kode negara Indonesia adalah 62.

Misalnya nomor telepon Anda adalah 08966081981, maka link tersebut akan menjadi https://api.WhatsApp.com/send?phone=628966081981. Nah, sekarang Anda sudah memiliki link ke nomor WA. Mudah sekali bukan cara membuat link nomor WA di Instagram tahap pertama ini?

Memasang Link Nomor WA di Instagram

Link nomor WA Anda kan tampil pada bagian profil Instagram sehingga letaknya di depan. Pembeli akan langsung menyadari ketersediaan link ini begitu mereka mengunjungi  akun Instagram Anda. Jadi, mereka pun tidak akan kesulitan untuk bertanya-tanya mengenai produk terhadap Anda.


Mulailah langkah pemasangan link nomor WA dengan menyalin link nomor WA yang sudah Anda buat tadi dan membuka aplikasi Instagram. Setelah aplikasi Instagram terbuka silakan masuk ke bagian profile Anda di aplikasi tersebut. Caranya adalah dengan menekan icon orang yang ada di pojok kanan bawah layar ponsel Anda.


Perhatikan bagian atas halaman profil dan Anda akan menemukan menu Edit Profil. Tekan kotak bertuliskan Edit Profil tersebut sehingga Anda akan mengarah ke halaman pengeditan profil Anda.


Link yang Anda buat pada tahap pertama cara membuat link nomor WA di Instagram tadi akan masuk ke kolom website. Mengapa demikian? Karena dengan memasukkan link ke kolom website Instagram, ketika Anda menekan linknya Anda akan langsung mengarah ke Aplikasi WhatsApp

Jadi, tempelkan link tersebut di kolom website dan Anda dapat kembali ke halaman akun. Tekanlah tanda centang di pojok kann atas untuk kembali.

Menambahkan Pesan Otomatis pada Tautan Link Nomor WA dan Instagram 


Pernahkah Anda sebagai pembeli sebelumnya masuk ke link nomor WA di Instagram dan menemukan bahwa kolom chat secaar otomatis terisi?  Hal tersebut karena pada link telah dimanipulasi sehingga pesan tidak kosongan.

Cara untuk membuat pesan otomatis ini merupakan lanjutan dari cara membuat link nomor WA di Instagram. Untuk melakukan hal ini pun caranya juga sama mudahnya dengan pembuatan dan pemasangan link WA di atas. Anda hanya perlu melakukan modifikasi sedikit pada link nomor WA yang sudah Anda buat sebelumnya.

Tambahkan &text=FormatPesan di belakang link nomor WA. Untuk membuat tanda titik dua Anda menggantinya dengan %3A, untuk membuat enter dengan %0A, dan untuk membuat spasi dengan %20.

Misalnya Anda menginginkan tulisan otomatis yang muncul adalah nama dan alamat, maka link akan menjadi sebagai berikut.

https://api.WhatsApp.com/send?phone=628966081981&text=Nama%20%3A%0AAlamat%20%3A%.

Anda dapat memasukkan pesan sesuka Anda sesuai dengan kebutuhan jualan Anda di Instagram dan aplikasi berkirim pesan WhatsApp. Jadi, semakin banyak pesan yang ingin Anda buat otomatis, maka semakin panjang pula link nomor WA Anda.

Cara Memendekkan Link Nomor WA

Link di atas, yang sudah Anda buat baik sebelum ada pesan otomatis maupun sudah ditambahkan pesan otomatis tetap terlihat sangat panjang sekali. Tentu saja ini tidak menarik dan kurang rapi tampilan linknya. Maka, ada dua cara untuk membuat link nomor WA Anda menjadi lebih singkat. 

Langsung Menggunakan Fitur WhatsApp

Aplikasi berkirim pesan WhatsApp sendiri menyediakan cara yang lebih mudah untuk membuat link Anda lebih pendek dan rapi. Namun, sayangnya untuk cara ini Anda tidak dapat menambahkan pesan otomatis pada linknya. Untuk cara membuat link nomor WA di Instagramdengan pendek adalah menggunakan format link berikut ini.

https://wa.me/NomorTelepon

Lakukan perubahan yang sama dengan aturan yang sudah dijelaskan di atas. Pastikan Anda tidak lupa untuk menggunakan kode 62 di depan nomor telepon Anda. Nah, sekarang link nomor WA Anda lebih pendek dan terlihat lebih profesional, kan?

Menggunakan Bantuan Bitly

Anda pastinya sudah sering mendengar atau melihat mengenai Bitly yang berfungsi untuk memendekkan link. Tulisan bit.ly di bagian depan link menandakan bahwa link yang asli telah diproses pemendekkan menggunakan bantuan situs tersebut.

Pertama-tama, salinlah link yang sudah Anda buat sebelumnya dan masuklah ke halaman situs bitly melalui link berikut ini.

https://bitly.com

Carilah kotak yang bertuliskan shorten your link dan tempelkan link yang Anda salin pada kotak tersebut. tekan shorten dan link Anda akan muncul. Salinlah link tersebut dan masuk ke aplikasi Instagram untuk memasangnya di bagian profil. 

Memanfaatkan Linktree untuk Membuat Navigasi di Instagram


Akibat semakin majunya teknologi, sekarang Anda dapat memasang link dalam jumlah yang banyak sekaligus di profil Instagram Anda. Untuk melakukan ini, Anda membutuhkan bantuan situs pihak ketiga bermana linktree. Fungsi dari linktree ini hampir sama dengan bilah navigasi yang ada di situs-situs pada umumnya.

Panduan cara membuat link nomor WA di Instagram akan semakin lengkap dengan adanya linktree. Adanya linktree di akun Instagram akan memudahkan pelanggan untuk melakukan akses ke produk jualan Anda.

Misalnya bila pelanggan ingin langsung memesan melalui e-commerce, maka dengan bantuan linktree pelanggan dapat langsung menuju ke e-commerce pilihan dengan satu kali sentuhan. Untuk membuat linktree, bukalah halaman situs linktree berikut ini terlebih dahulu.

https://linktr.ee/

 

Setelah masuk ke situsnya, Anda akan langsung disambut dengan informasi penggunaan dan contoh penggunaan linktree dalam bentuk video. Buatlah akun terlebih dahulu dengan menekan tombol Sign Up Free di pojok kanan atas atau silakan log in bila Anda sudah punya akun. 

 

Ikuti langkah-langkah yang ada di situs sampai Anda berhasil masuk ke halaman https://linktr.ee/admin. Pada halaman inilah Anda akan membuat link-link menuju ke halaman-halaman tertentu yang Anda inginkan.

Tambahkan tautan baru dengan Add New Link dan tempelkan link nomor WA Anda. Anda juga harus menambahkan judul pada setiap link yang Anda ingin buat agar pelanggan dapat mengetahui mereka akan mengarah kemana bila menekan link tersebut.

Anda dapat menambah beberapa link lagi dengan mengulangi cara di atas hingga semua link yang Anda inginkan jadi. Tekanlah Share bila sudah selesai untuk menyalin linktree milik Anda. Nah, link inilah yang akan dimasukkan ke halaman website di profil Instagram.

Cara untuk memasang linknya sama seperti cara yang sudah dijelaskan di atas. Sekarang Anda sudah memiliki sebuah akun Instagram yang terkait dengan aplikasi WhatsApp. Bila Anda ingin menambahkan link lagi, maka caranya pun sama seperti yang ada di atas.

Demikianlah akhir pembahasan cara membuat link nomor WA di Instagram. Silakan membuat kreasi menggunakan linktree maupun bitly sesuai dengan kebutuhan Anda.  

Leave a Comment