Simak Mudahnya Cara Share Link Google Drive ke WA

 

Sumber: google.com

Penyimpanan awan sekarang sudah menjadi pilihan banyak orang karena kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan. Salah satu platformnya yang populer adalah Google Drive. Layanan dari google ini memungkinkan Anda menyimpan file secara online. Anda dapat menggunakannya bersama-sama dengan cara share link Google Drive ke WA.

Cara ini membuat Anda mudah untuk langsung tertuju ke folder Google Drive yang Anda inginkan tanpa masuk satu per satu ke folder Google Drive yang Anda miliki. Khususnya bagi mereka yang merupakan pelajar, mahasiswa, atau bahkan pekerja sekalipun.

Anda pasti perlu untuk membagikan beberapa file kepada teman Anda dimana dengan bantuan Google Drive akan lebih mudah. Karena file sudah terkemas dalam satu folder yang sama dan Anda hanya perlu mengirimkan link dengan cara share link Google Drive ke WA.

Melalui link tersebut pengakses akan diarahkan ke bagian folder Google Drive yang Anda izinkan untuk mereka lihat. Jadi, Anda tidak perlu khawatir teman Anda dapat melihat folder-folder yang lainnya dengan catatan Anda tidak salah mengirimkan link foldernya.

Mengapa Memilih Google Drive Sebagai Media Penyimpanan Awan

Sumber: Freepik.com

Sebenarnya masih banyak lagi penyimpanan awan yang tersedia di internet dan dapat Anda pilih pula. Namun, sebagian besar lebih memilih untuk menggunakan layanan penyimpanan milik Google yang satu ini. Misalnya saja Mega, DropBox, dan My Cloud.

Tentu saja alasannya adalah karena banyaknya keuntungan yang bisa Anda nikmati dari Google Drive. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang sangat disayangkan apabila Anda melewatkannya.

Kapasitas Penyimpanan Gratis Hingga 15 GB

Layanan penyimpanan awan pada dasarnya bukanlah layanan gratis, melainkan layanan berbayar. Namun, setiap layanan penyimpanan awan memberikan storage gratis kepada para penggunanya pada batasan tertentu.

Google Drive sendiri menawarkan penyimpanan gratis hingga 15 GB besarnya. Ini tentu angka yang besar untuk penyimpanan gratis sehingga tidak mengherankan bila banyak yang memilih Google Drive.

Dukungan Format File yang Bermacam-Macam

Ketika Anda menggunakan penyimpanan Awan tentu Anda berharap penyimpanan tersebut bisa Anda gunakan seperti penyimpanan di HDD pada umumnya. Hal ini berarti Anda dapat menyimpan berbagai format file yang Anda inginkan untuk disimpan atau dibagikan kepada orang lain dengan cara share link Google Drive ke WA.

Berita baiknya Google Drive mendukung banyak sekali format yang umumnya digunakan masyarakat. Format-format umum seperti arsip, audio gambar, kode, text, maupun video sudah tidak perlu dipertanyakan, Google Drive pasti tidak memiliki masalah menyimpan file-file tersebut.

Sistem Keamanan Terkini dan Terbaik

Perusahaan raksasa Google selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada penggunanya sehingga mereka tidak mengalami kesulitan ketika menggunakan produk Google. Hal ini juga berlaku pada sistem kemanan Google Drive. Enkripsi keamanan yang digunakan oleh google selalu merupakan yang terkini dan terbaik.

Hal ini menyebabkan keamanan dari file Anda tidak perlu lagi diragukan. Sehingga memilih Google Drive untuk menyimpan file-file penting dan rahasia Anda menjadi sangat aman.

Cara Share Link Google Drive ke WA

Nah, sekarang mari mencoba untuk membagikan sebuah folder kepada teman Anda melalui WA. Sehingga teman yang memiliki link folder tersebut dapat melihat apa isi folder yang Anda bagikan.

Cara share link Google Drive ke WA sangat mudah sekali sehingga Anda pasti dengan mudah dapat mengikuti cara-cara ini. Tetapi sebelum itu pastikan Anda sudah memiliki akun di layanan Google Drive terlebih dahulu.

Masuk ke Akun Penyimpanan Awan Google Drive

 


Untuk langkah pertamanya sudah pasti Anda harus masuk terlebih dahulu ke akun Google Drive Anda. Bukalah laman drive.google.com dan masukan email yang sudah Anda daftarkan ke Google Drive. Kemudian tekan next untuk memasukkan password akun Anda tersebut.

Menambahkan Folder Baru di Google Drive


Apabila Anda belum membuat atau memiliki folder yang khusus untuk Anda bagikan dengan cara share link Google Drive ke WA, maka Anda harus membuatnya terlebih dahulu. Mudah sekali, Anda hanya perlu menekan tombol +Baru yang ada disamping kiri atas untuk membuatnya.

Namun, bagi Anda yang sudah mempersiapkan foldernya sebelumnya dapat melewati langkah ini. Anda dapat langsung menyimak langkah selanjutnya.

Mengatur Link Sharing Google Drive

Nah, sekarang Anda sudah siap untuk membuat link akses Google Drive dari folder Anda tersebut. Pada folder yang sudah Anda buat, klik kanan dan pilihlah opsi dapatkan link. Jendela bagikan akan segera muncul dan melalui jendela ini Anda dapat mengatur akses dari folder Anda.


Apabila Anda berkehendak untuk memberikan akses folder kepada beberapa orang tertentu saja, maka Anda harus menginputkan satu per satu email dari orang bersangkutan. Dengan begini folder Anda tida akan bisa dibuka oleh mereka yang tidak Anda inputkan emailnya meskipun mengetahui link folder tersebut.


Namun, bila Anda menghendaki untuk memberikan akses pada semua orang yang memiliki link folder, maka Anda harus mengatur bagian Dapatkan Link yang ada di bawah. Gantilah menu dibatasi menjadi siapa saja yang memiliki link.

Setelah itu, tekanlah salin link dan tombol selesai. Sekarang Anda sudah memiliki link yang siap Anda share ke WA sehingga teman-teman Anda bisa segera melihat folder tersebut.

Demikianlah cara share link Google Drive ke WA yang dapat Anda pelajari. Mudah sekali, bukan cara untuk berbagi folder melalui Google Drive?

Leave a Comment