Pembahasan Mengenai Apa itu Aplikasi Mendeley Secara Lengkap

 

Sumber: Wikipedia.org

Kegiatan menulis secara ilmiah merupakan kegiatan yang wajib dikuasai dengan baik oleh para civitas akademika. Pada penulisan artikel ilmiah Anda akan sangat sering mencari referensi-referensi yang relevan dengan karya tulis ilmiah yang sedang Anda kerjakan. Itu semua akan lebih mudah apabila Anda mengenal apa itu aplikasi Mendeley.

Aplikasi bernama Mendeley ini merupakan aplikasi pembantu yang dapat memudahkan Anda dalam proses sitasi atau pengambilan referensi tersebut. Apalagi Anda tentu tahu sendiri bahwa proses pencarian referensi  ini memakan waktu yang lama, kan? Nah, dengan adanya Mendeley Anda tidak perlu membuang banyak waktu hanya untuk mencari referensi.

Masalah penulisan artikel ilmiah tidak sebatas sulitnya mencari referensi yang relevan, melainkan juga merepotkannya menuliskan referensi tersebut secara manual. Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan sebuah jurnal sebagai bahan referensi tulisan ilmiah Anda, maka Anda wajib mencantumkan jurnal tersebut di daftar pustaka karya Anda.

Menulis daftar pustaka memiliki aturan sendiri-sendiri tergantung dengan aturan yang diterapkan oleh tempat Anda melakukan publikasi jurnal tersebut. Sehingga Anda harus benar-benar melakukan penulisan tersebut secara manual. Ini saja sudah sangat memakan waktu Anda menulis tulisan ilmiah apalagi bila ada masalah lain yang muncul.

Biasanya ketika mencari sebuah jurnal, Anda akan menemukan jurnal yang mungkin sangat cocok dan relevan dengan karya tulis Anda. Tetapi ada kemungkinan besar Anda akan kesulitan menemukan asal dari jurnal tersebut. Sehingga tentu saja Anda tidak mungkin dapat menuliskannya di daftar pustaka karya tulis Anda.

Apa itu aplikasi Mendeleydapat membantu masalah pencarian referensi pun penulisan referensi darii jurnal tersebut. Jadi, dengan adanya aplikasi Mendeley Anda dapat menghemat banyak waktu untuk lebih fokus pada tulisan ilmiah Anda.

Penggunaan aplikasi Mendeley sekarang mulai gecar-gencar dilakukan di beberapa perguruan-perguruan tinggi negeri maupun swasta. Mulai banyak pula yang membagikan pengalaman mudahnya menulis sebuah karya tulis ilmiah dengan bantuan aplikasi Mendeley.

Akses dari Apa itu Aplikasi Mendeley

Dua kelebihan atau kemudahan penulisan karya tulis ilmiah di atas pasti cukup untuk membuat Anda penasaran dengan aplikasi bernama Mendeley ini. Melalui situs resmi Mendeley sendiri, pihak pengembang mengklai aplikasi ini dapat membantu menghidupkan penelitian Anda dan membuat pengaruh pada keesokan harinya.

Sungguh misi yang besar dan menarik untuk menjadi salah satu orang yang memberikan pengaruh ke pada dunia melalui sebuah tulisan ilmiah, kan? Untuk memulai menggunakan apa itu aplikasi Mendeley, mari memulainya dengan membicarakan akses dari aplikasinya sendiri.

Menjangkau Mendeley Menggunakan Browser

Cara akses pertama dari aplikasi Menedeley ini adalah secara langsung menggunakan browser yang ada di laptop atau ponsel Anda. Anda hanya perlu masuk ke link situs utama aplikasi Mendeley di Mendeley.com untuk membukanya. Akses ini tidak membutuhkan proses dowload maupun pemasangan aplikasi Mendeley di perangkat Anda.

Lebih Simple dengan Aplikasi Mendeley

Anda juga bisa menikmati kemudahan akses apa itu aplikasi Mendeley dengan memasang aplikasinya. File pemasangan aplikasi ini dapat Anda unduh langsung melalui situs resminya di Mendeley.com. Pilihlah file pemasangan yang sesuai dengan sistem operasi perangkat Anda. Sistem operasi yang disediakan untuk Windows, MacOs, dan Linux.

Membuat Akun di Aplikasi Mendeley

Sumber: Freepik.com

Akses ke pencarian jurnal di aplikasi Mendeley dapat Anda lakukan tanpa memiliki sebuah akun. Tetapi akan sangat terbatas sekali aksesnya terhadap jurnal-jurnal yang Anda temukan tersebut. Anda tidak dapat menggunakan fitur menambahkan ke perpustakaan atau melihat jurnal secara keseluruhan.

 

Sumber: Mendeley.com

Membuat akun di Mendeley dilakukan melalui situs resminya yang dapat Anda akses melalui Mendeley.com. Pada halaman awal, tepat di bawag kolom pencarian ada tombol Create a Free Account. Silakan mengklik tombol tersebut dan tunggu hingga browser mengarahkan ke halaman pendaftaran akun.

Sumber: Mendeley.com

Pada halaman pendaftaran akun ini Anda diminta untuk mengisikan email saja. Setelah Anda mengisi email, maka tombol continue akan menyala dan tekan saja tombol tersebut. sebenarnya ada dua cara untuk mendaftarkan akun ke Mendeley, yaitu secara pribadi menggunakan email dan menggunakan institusi atau perguruan tinggi.

Tetapi sayangnya untuk opsi kedua hanya untuk institusi dan perguruan luar negeri. Perguruan tinggi maupun institusi di dalam negeri masih belum tercover. Jadi, pilihan Anda hanya mendaftar melalui email saja. 

Sumber: Mendeley.com

Setelah Anda mengisikan email, Anda akan diarahkan untuk mengisi password akun Anda tersebut. Pastikan Anda membuat password yang mudah diingat agar tidak kesulitan bila ingin masuk ke akun apa itu aplikasi Mendeley di kemudian hari.

Sumber: Mendeley.com

Halaman pencarian untuk Anda yang sudah memiliki akun di Mendeley sangat berbeda dengan ketika Anda belum memiliki Akun di Mendeley. Sekarang Anda sudah siap untuk mencari berbagai referensi dari seluruh dunia untuk  penulisan karya tulis ilmiah Anda.

Cara Menggunakan Mendeley

Ketika Anda sudah memiliki akun, akses ke semua jurnal yang ada di Mendeley sangatlah mudah. Berikut ini adalah panduan singkat untuk mencari sebuah jurnal dan melakukan sitasi pada jurnal tersebut langsung menggunakan Mendeley.

Sumber: Mendeley.com

Pertama-tama silakan menginputkan terlebih dahulu keyword dari jurnal yang ingin Anda cari di kolom pencarian dan tekanlah Search. Mendeley akan mencarikan jurnal yang paling sesuai dengan keyword yang Anda masukkan tersebut.

Sumber: Mendeley.com

Nah, ini adalah contoh hasil pencarian menggunakan keyword ‘matematics’. Anda dapat memilih jurnal yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dari hasil pencarian tersebut.

Terdapat berbagai menu pencarian yang ada di bagian kiri dari hasil pencarian. Melalui bagian ini Anda dapat mengatur sebuah filter untuk hasil pencarian jurnal Anda, seperti misalnya tahun kapan jurnal terpublikasi, tipe dokumen jurnal, asal jurnal, penulis, dan tipe akses jurnal.


Sumber: Mendeley.com

Nah, bila Anda ingin mendapatkan daftar pustaka untuk jurnal pilihan Anda, Anda hanya perlu mengklik  pada bagian judul jurnal tersebut. Maka, di bagian kanan Anda akan muncul informasi mengenai jurnalnya dan Anda dapat membuat daftar pustaka dari jurnal tersebut.

Demikianlah informasi panduan lengkap mengenai apa itu aplikasi Mendeley. Sekarang setelah mengetahui seperti apa aplikasi mendeley itu, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

 

Leave a Comment