CARA MERESET BLUETOOTH UNTUK MENGEMBALIKAN IP ADDRESS PADA PRINTER THERMAL

Seperti yang kita ketahui printer merupakan sebuah peranti yang dapat menampilkan data dalam bentuk cetakan, salah satu contohnya printer thermal, biasanya printer ini digunakan pada kasir toko retail untuk mencetak struk atau total biaya belanja dengan kertas berukuran 88 milimeter.



Salah satunya adalah printer thermal panda, pada printer ini sudah mendukung koneksi nirkabel menggunakan bluetooth agar pengoperasiannya semakin mudah, sehingga perangkat seperti hp yang berbasis android, ios hingga windows pun dapat terhubung, selain itu pada perangkat windows pun dapat terhubung lewat USB Port.

Setiap perangkat yang sudah mendukung koneksi nirkabel, pastinya selalu berhubungan dengan yang namanya IP Address. Nah, agar tidak terjadi benturan dengan IP Address dari perangkat lainnya.Maka harus menggunakan IP Address perangkat itu sendiri jika ingin menyambungkan USB dengan printer. Tetapi, tak jarang kita jumpai IP Address ini mengalami perubahan menjadi default menjadi 192.168.123.100, sehingga printer ini pun tak dapat bekerja.

Oleh karena itu pada artikel kali ini admin akan mengulas bagaimana CARA MERESET BLUETOOTH UNTUK MENGEMBALIKAN IP ADDRESS PADA PRINTER THERMAL, untuk itu silahkan simak penjelasan berikut ini ;

1. Memastikan IP Address yang ada di printer harus sesuai

Caranya adalah dengan menggunakan command prompt yang ada pada Windows, lalu kita tes IP Address pada printer kita, apakah tersambung atau tidak. Apabila IP Address anda tidak tersambung ke printer, maka sudah dipastikan IP Address sudah kembali ke setting default.

2. Mengecek IP Address yang telah berubah

Caranya adalah dalam keadaan printer menyala tekan tombol FEED yang ada pada printer dan juga tekan tombol power off. Setelah printer itu mati, tekan tombol FEED dibarengi dengan menekan tombol ON dan tahan hingga 5 detik lalu lepaskan.

Setelah itu ketika printer menyala maka printer akan secara otomatis mencetak kertas yang berisi tentang spesifikasi dan juga IP Address printer yang telah berubah menjadi 192.168.123.100.

3. Menyesuaikan kelas IP Address yang ada di printer dengan PC

Ketika kita sudah mengetahui bahwa IP Address printer telah berubah, maka kita sesuaikan IP Address Printer dengan IP Address PC kita. Caranya adalah ;

Pertama, kita masuk ke setting IP Address yang ada di PC.
Lalu, klik gambar monitor yang terletak di samping kanan bawah layar PC
Selanjutnya, kita pilih open network and sharing center,
Kemudian, klik local area connection, pilih properties
Setelah itu, klik internet protocol v4, maka akan muncul pop up properties, ketika IP Address berubah menjadi 192.168.123.100, maka aturlah IP Address sesuai dengan keinginan kamu, lalu klik ok kemudian tutup.

4. Mengatur kembali IP Address ke kondisi semula ( reset )

Cara yang terakhir yaitu, mengatur ulang IP Address printer seperti semula. Dengan cara ;

Pertama, membuka browser bisa dengan google chrome atau yang lainnya.
Lalu, masukkan IP Address printer yang telah terdefault tadi.
Kemudian, akan muncul settingan IP Address printer. Setelah itu, pilihlah konfigurasi dan atur IP Address sesuai dengan IP Address printer di awal. Lalu, klik save dan klik reboot dan IP Address kamu pun sudah kembali seperti semua.

Cara merawat printer thermal

Selain memahami cara mereset bluetooth printer thermal ini, ada baiknya kamu juga harus tahu bagaimana cara dalam merawat printer ini, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui dalam menggunakan printer thermal bluetooth ini yaitu ;

Menggunakan printer sesering mungkin dan usahakan untuk tidak membiarkan printer kamu tidak terpakai dalam jangka waktu yang lama, karena pada printer thermal yang satu ini terdapat part yang sangat mudah kering dan dapat mengakibatkan tidak dapat berputar dengan normal.

Jika printer sudah sering digunakan, jangan lupa untuk selalu membersihkan printer dari kertas-kertas kecil yang pasti tertinggal didalam printer, karena hal ini juga dapat menghambat kinerja dari printer thermal dan bahkan dapat membuat printer ini error.

Jika memang kamu terlalu sering menggunakan printer thermal kamu, jangan sesekali memaksakan kinerja printer thermal tersebut, karena pada kemungkinan ada sebagian printer yang memiliki kapasitas maksimal dalam mencetak.

Demikian pada artikel kali ini tentang CARA MERESET BLUETOOTH UNTUK MENGEMBALIKAN IP ADDRESS PADA PRINTER THERMAL semoga dapat memberikan manfaat serta wawasan kepada kita semua, sekian dan terima kasih.