Cara Membuat Grup WA dengan Link Termudah

 

Sumber: Unsplash.com

Aplikasi Whatsapp yang pertama kali dirilis pada Februari 2009 ini sekarang berhasil menjadi aplikasi berkirim pesan terbaik dan menjadi pilihan banyak orang. Bahkan sebagian besar masyarakat di Indonesia menggunakan aplikasi WhatsApp, khususnya grup. Oleh karena itu, Cara membuat grup WA dengan link tentunya harus Anda ketahui dengan baik.

Adanya grup pada aplikasi WhatsApp memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan banyak anggota grup sekaligus. Sehingga Anda tidak perlu menghubungi mereka satu per satu untuk menyampaikan maksud dan tujuan Anda. Selain itu, dengan sebuah grup semua Anggota dapat berkomentar terhadap apa yang Anda sampaikan.

Proses komunikasi Anda akan berjalan lebih mudah dan transparan khususnya untuk Anda yang sedang dalam organisasi atau perusahaan. Tentunya pendapat semua anggota sangat diperlukan dan dipertimbangkan untuk mendapatkan keputusan final.

Cara membuat grup WA dengan link tidak sulit, apalagi bila Anda sudah lama menggunakan aplikasi WhatsApp. Tentunya Anda sudah familiar dengan user interface dari aplikasi WhatsApp itu sendiri. Adanya link ini dapat mempermudah pula orang-orang yang akan menjadi calon anggota grup WA buatan Anda.

Biasanya untuk membuat grup WA Anda harus memasukkan satu per satu anggota dari grup tersebut melalui kontak yang terdaftar di ponsel Anda, kan? Bila Anda belum menyimpan kontak orang yang bersangkutan, maka prosesnya akan lebih panjang karena Anda harus menyimpan kontak itu dahulu. Ini tentu akan sangat merepotkan Anda sebagai adminnya.

Tutorial Cara Membuat Grup WA dengan Link Secara Mudah, Cepat, dan Sederhana

Sumber: Freepik.com

Membuat grup WA untuk berbagai kepentingan berbeda dan dengan orang-orang berbeda ini sebenarnya sangat mudah. Namun, banyak pengguna WA yang masih kebingungan untuk membuat sebuah grup WA padahal mereka menggunakan aplikasi berkirim pesan yang satu ini sudah sejak lama sekali.

Hal tersebut tidak aneh karena bila Anda belum melakukannya sebelumnya, Anda tentu tidak tahu caranya. Selain itu, banyak yang takut salah untuk menggunakan fitur WA ini sehingga tidak berani mengeksplor aplikasi WA.

Berikut ini adalah cara membuat grup WA dengan link yang dapat Anda ikuti langkah-langkahnya. Cara Pembuatan Grup WA ini akan terbagi menjadi dua bagian, yaitu pembuatan grup WA dan Pembuatan link grup WA. Setelah membaca tutorial berikut ini Anda pasti akan dapat membuat sebuah grup WA sendiri tanpa takut salah lagi.

Cara Pembuatan Grup WA


Untuk membuat grup WA tentu saja Anda harus mengawalinya dengan membuka aplikasi WhatsApps melalui ponsel terlebih dahulu. Tekanlah icon aplikasi WhatsApp yang ada di layar ponsel Anda agar aplikasi terbuka.

Masuk lah ke icon berlambangkan pesan yang terletak di pojok kanan bawah layar ponsel Anda. Kemudian Anda akan diarahkan ke daftar kontak yang ada di aplikasi WhatsApp. Perhatikan baris paling atas yang bertuliskan Grup Baru. Sentuh bagian tersebut dan langkah berikutnya akan dimulai.



Untuk membuat sebuah grup WA Anda harus menentukan terlebih dahulu siapa anggotanya. Jadi, bukan grupnya sendiri yang didulukan melainkan anggota dari grup. Pilihlah setidaknya satu saja kontak yang ingin Anda masukkan. Untuk kontak yang lain dapat masuk setelah grup WA jadi dengan mengikuti cara membuat grup WA dengan Link tahap kedua.

 Setelah Anda menekan tombol next di pojok kanan bawah, baru Anda akan menemui isian nama grup dan foto profil dari grup tersebut. Berilah nama grup WA tersebut sesuai dengan tujuan pembuatannya agar Anda lebih mudah ketika ingin mencari grup WA tersebut.

Sentuh icon Buat ketika Anda selesai membuat nama grup WA dan mengubah profilnya. Sekedar informasi saja bahwa Anda dapat melewati tahap pengubahan foto profil apabila Anda memang belum tahu ingin dipasang foto apa.

Ketika Anda sudah masuk ke histori chat dari gup WA baru Anda maka proses pembuatan grup sudah selesai. Anda dapat melanjutkan ke tahap cara membuat grup WA dengan Link berikutnya agar anggota lain dapat masuk ke grup WA tersebut dengan mudah dan cepat.

Cara Pembuatan Link Grup WA

Pembuatan link grup WA ini berfungsi sebagai pintu masuk dari anggota-anggota Anda yang masih belum tergabung ke dalam grup. Adanya link grup WA memungkinkan seseorang untuk masuk dengan sendirinya bila orang tersebut memiliki linknya. Jadi, Anda perlu berhati-hati dalam menyebarkan link tersebut.


 

Untuk membuat link grup WA, silakan menyentuh tiga titik pada halaman histori chat WA dan pilihlah grup info. Scroll ke bawah dan temukan pilihan Undang Via Tautan. Nah, link grup WA Anda sudah jadi. Copy dan secarkan link tersebut pada anggota grup Anda agar mereka segera bergabung.

Demikinlah panduan cara membuat grup WA dengan link. Silakan mencoba untuk mempraktekkan cara-cara yang sudah Anda pelajari ini.

Leave a Comment