Cara Gabung Grup WA Melalui Link dengan Mudah dan Cepat

 

Sumber: Unsplash.com

Semua pengguna smartphone sudah pasti mengenal aplikasi berkirim pesan bernama WhatsApp atau yang lebih populer disebut dengan kata WA. Pada aplikasi ini, Anda mungkin sekali untuk membuat grup berisikan beberapa orang untuk mengobrol bersama.  Ada banyak cara bergabung dan salah satunya adalah cara gabung grup WA melalui link.

Aplikasi WhatsApp banyak dipilih sebagai aplikasi berkirim pesan karena kemudahan penggunaan aplikasi itu sendiri. Selain itu, ada banyak sekali fitur yang sangat membantu untuk keperluan komunikasi antar personal atau dengan banyak orang sekalipun.

Dukungan terhadap aplikasi WhatsApp dari pihak pengembang juga sangatlah bagus. Sehingga permasalahan-permasalahan bug aplikasi tidak akan terlalu lama mengganggu penggunanya. Anda juga dapat menikmati fitur-fitur tambahan maupun tampilan yang selalu segar dan baru.

Kepopuleran aplikasi WhatsApp tidak bisa dipandang sebelah mata, karena aplikasi ini sekarang menjadi aplikasi berkirim pesan yang paling banyak diunduh dan digunakan. Bahkan menurut layanan market intelligance App Annie menyatakan bahwa WhatsApp adalah aplikasi berkirim pesan paling populer di seluruh dunia.  

Masyarakat di Indonesia banyak sekali memanfaatkan fitur grup yang ada di WhatsApp untuk memudahkan komunikasi dengan sekelompok orang. Dengan adanya grup di aplikasi WhatsApp semua orang yang tergabung didalamnya dapat memberikan pendapatnya dengan mudah ke semua anggota grup yang ada.

Selain itu, fitur terbaru WhatsApp memungkinkan Anda tidak hanya berkirim chat, melainkan melakukan panggilan suara dan video melalui grup secara langsung. Mengingat banyaknya manfaat dari grup ini tidak heran bila pengguna mencari cara gabung grup wa melalui linkapalagi bagi pengguna baru.

Anda pasti sudah mengetahui bukan, setidaknya ada tiga cara untuk bergabung ke suatu grup di aplikasi WhatsApp. Namun, pada pembahasan kali ini terkhusus untuk membahas mengenai cara masuk ke grup WhatsApp melalui link yang disebarkan oleh admin dari grup yang bersangkutan.

Menilik Kelebihan dan Kekurangan Cara gabung grup wa melalui link

Pembuatan grup WhatsApp hanya perlu dilakukan oleh satu orang saja yang akan secara otomatis menjadi admin dari grup tersebut. Pada saat pembuatan grup sebenarnya admin tersebut dapat secara langsung memasukkan seseorang ke grup yang akan dibuat.  Tidak hanya itu, dengan role admin seseorang juga dapat mengeluarkan anggota grup.

Namun, gabung grup WA melalui link sama sekali tidak melakukan kontak dengan admin tersebut. Sehingga terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan cara gabung grup wa melalui link ini. Berikut adalah uraiannya sehingga Anda lebih paham ketika menjadi seorang admin grup.

Kelebihan Masuk Grup WA Melalui Link

Seperti yang dijelaskan di atas, akses masuk melalui link itu tidak membutuhkan peran dari admin. Sehingga anggota yang masuk ke grup tidak perlu menunggu admin memasukkannya ke grup dan bisa masuk sendiri kapan pun calon anggota tersebut inginkan.

Kelebihan lainnya adalah sang admin tidak perlu menyimpan semua kontak calon anggota grup WA satu persatu. Apalagi bila Anda harus memasukkan anggota sebanyak 256 orang, Anda pasti akan lelah dan memakan banyak waktu untuk menyelesaikannya, bukan?

Kekurangan Masuk Grup WA Melalui Link

Perihal peran admin pada cara gabung grup wa melalui link ini tidak hanya memberikan kelebihan, tetapi juga membawa kekurangan. Karena admin tidak dibutuhkan, maka admin pun tidak bisa mengontrol calon anggota yang masuk. Sehingga siapapun yang memiliki link ke grup yang Anda buat dapat masuk dengan mudah tanpa bisa Anda seleksi.

Oleh karena itu, sangat mungkin sekali grup Anda untuk dimasuki orang-orang yang tidak berkepentingan. Agar hal ini tidak terjadi Anda harus memastikan bahwa link hanya dimiliki oleh mereka yang memang berkepentingan di grup WA tersebut.

Cara Membuat Grup WA dan Akses Link dengan Mudah


Sumber: Pixabay.com 

Nah, sebelum Anda mengetahui cara gabung grup wa melalui link tidak ada salahnya bukan menyimak cara membuat grup dan cara membuka akses link tersebut? Caranya sangatlah mudah sehingga Anda tidak akan memakan waktu lama untuk memahaminya.

Pertama-tama, Anda tentu harus membuka terlebih dahulu aplikasi berkirim pesan WhatsApp di ponsel Anda atau melalui WhatsApp web di laptop. Anda yang menggunakan posel bisa menekan ikon pesan di pojok kanan bawah layar Anda.



 



  

Pilihan untuk membuat grup WA ada di urutan nomor teratas. Ketika membuat sebuah grup baru, Anda akan secara langsung diminta oleh aplikasi WhatsApp untuk menentukan siapa anggota grup tersebut. Setidaknya Anda harus memiliki satu anggota untuk dapat membuat grup baru.

Nah, setelah itu Anda dapat menentukan nama grup dan ikon grup tersebut. Isilah kedua hal itu dan bila sudah, Anda dapat menekan ikon centang di pojok kanan bawah layar Anda. Sekarag Anda sudah memiliki grup anggota yang Anda masukkan ketika pembuatan. Sekarang Anda dapat mulai membuka akses link ke grup tersebut.

        





Masuk lebih dulu ke grup dan sentuhlah nama grup yang terletak di bagian atas layar chatting. Anda akan mengarah ke halaman keterangan lengkap dari grup tersebut. scroll ke bawah untuk menemukan Undang Via Tautan. Kirimlah link tersebut ke anggota Anda agar mereka dapat segera bergabung dengan Anda.

Cara Gabung Grup WA Melalui Link

 Nah, sekarang Anda dapat menyimak bagaimana masuk ke grup melalui sebuah link yang disebar oleh admin grup. Anda harus hati-hati pula agar Anda tidak sampai salah masuk ke grup yang salah.

Untuk dapat masuk ke grup melalui link caranya sangatlah mudah dan sederhana. Anda hanya perlu membuka aplikasi berkirim pesan WhatsApp dan menyentuk link yang dikirimkan ke Anda. Pada Pop-up yang muncul, pilihlah Join Grup dan Anda akan langsung diarahkan ke halaman chatting grup tersebut. Tandanya Anda sudah berhasil bergabung grup.

Demikianlah ulasan mengenai cara gabung grup WA melalui link yang dapat Anda pelajai. Sekarang Anda sudah mengetahui dari dua sudut pandang antara pembuat dan calon anggota grup. Silakan mencoba mempraktekkan apa yang baru saja Anda pelajari agar semakin paham dengan ulasannya.

 

Leave a Comment