Cara Balas WhatsApp Otomatis Dengan AutoResponder WA

 Cara Balas WhatsApp Otomatis dengan AutoResponder WA—Banyak opsi aplikasi chat bot yang ada di pasaran, tapi tahukah kamu? sebenernya WhatsApp juga bisa dijadikan aplikasi chat bot juga loh? Caranya dengan menggunakan aplikasi AutoResponder WA.

Sebenarnya WhatsApp memiliki versi Bisnis yang memiliki fitur Greeting message dan Quick replies, namun di WhatsApp Business ini, fitur Greeting message hanya digunakan untuk membalas pesan otomatis di awal chat saja, sedangkan Quick replies layaknya fitur autotext yang fungsinya untuk membalas cepat pesan yang sering dikirimkan berulang-ulang, kalau bisa dibilang sih ini bukan chatbot tapi hanya fitur mempermudah balasan chat saja.

Lalu bagaimana caranya jika kita mau menggunakan aplikasi WhatsApp sebagai chat bot? Kalian bisa menggunakan aplikasi AutoResponder WA yang bisa di download gratis di Google Play. Aplikasi ini memiliki dua versi gratis dan pro, perbedaannya versi gratis tidak memiliki fitur Pattern matching yang fungsinya bisa membuat balasan pesan otomatis menggunakan pola-pola khusus yang bisa kamu setting.

Oh iya, AutoResponder WA yang akan kami review ini versi pro-nya ya agar bisa melakukan uji coba langsung semua fitur-fiturnya. Untuk versi pro kamu bisa membelinya langsung dari aplikasinya, harganya sekitar 100 ribuan.

Nah, Bagaimana cara menggunakannya? yuk kita ikuti caranya sebagai berikut.

Cara Balas WhatsApp Otomatis dengan AutoResponder WA

Berikut ini akan diberikan tutorial beberapa cara dari awal instalasi AutoResponder WA sampai pada setting aplikasinya.

Instalasi AutoResponder WA

  1. Download AutoResponder WA versi gratis di google play

  2. Jalankan aplikasinya, pertama kali akan muncul tombol Notification Settings, sentuh pada Notification Settings

  3. Lalu ubah pengaturan AutoResponder for WA dari Prohibit menjadi Allow, untuk mengizinkan notifikasi pada aplikasi

  4. Setelah itu jika ada pesan note muncul, abaikan saja dengan pencet sembarang tempat di layar

  5. Selesai, berikutnya kita kaan setting AutoResponder WA untuk menjadi chat bot

 

Cara Setting AutoResponder WA dengan Exact Match (versi gratis)

Di Bagian ini kita akan setting aplikasi AutoResponder WA agar bisa menjadi chatbot jika ada pesan khusus yang masuk. Kita akan menggunakan metode Exact Match, maksudnya jika ada pesan mirip atau serupa (Exact Match) dengan pesan yang dimaksud maka chat bot pada aplikasi AutoResponder WA akan menjalankan balasan otomatis sesuai yang di setting pada aplikasi.

  1. Klik tombol plus yang ada di pojok kanan bawah layar

  2. Lalu akan muncul Rule untuk melakukan setting AutoResponder WA, misalkan kita ingin membalas setiap chat yang masuk dengan kata “apa kabar?” maka akan dibalas otomatis dengan jawaban “baik, alhamdulillah“, kamu isi pada bagian Receive Message dengan kata “apa kabar?” (tanpa tanda petik), lalu dibagian Reply Message isikan dengan kata “baik, alhamdulillah” (tanpa tanda petik)
    Cara Balas WhatsApp Otomatis

  3. Setelah itu save dengan pencet tombol tanda centang yang ada di pojok kanan bawah.

  4. Silahkan kamu coba kirimkan pesan whatsapp dari nomor kamu yang lain ke nomor kamu yang satunya dan ketikan Apa kabar?, maka secara otomatis whatsapp kamu akan membalas pesan baik, alhamdulillah, keren kan!
    Cara Balas WhatsApp Otomatis

Sayangnya di versi gratis kamu hanya bisa menggunakan metode Exact Match saja dimana ketika ada pesan yang masuk tidak sama persis seperti pesan yang dimaksud maka aplikasi AutoResponder WA tidak bisa berjalan, contoh jika kita ketikan apa kabar (tanpa tanda tanya) maka pesan otomatis tidak akan berjalan.

Sedangkan di Versi Pro (berbayar) bisa kita bisa menggunakan pola pencocokan lain yaitu Pattern Matching, yang bisa membalas pesan apapun yang katanya ada di awal, akhir atau bahkan di tengah kata tertentu, kita akan bahas versi Pro-nya setelah ini. Versi Pro dari aplikasi ini harganya Rp. 100.000, cukup murah dan kamu bisa membelinya langsung melalui voucher Google Play yang bisa dibeli di Indomaret/Alfamart atau membelinya menggunakan pulsa operator.

Cara Setting AutoResponder WA dengan Pattern Matching (versi Pro)

Cara ini lebih kompleks lagi, dapat membalas pesan yang masuk secara otomatis dengan pola khusus yang kita buat. Contohnya akan kita praktekan pada tutorial di bawah ini.

  1. Pencet tombol plus di pojok kanan bawah untuk memulainya

  2.  Di Bagian Receive Message masukan kata apa kabar* (pakai tanpa bintang di akhir katanya)

  3. Untuk metodenya pilih Pattern matching 

  4. Dibagian Reply message masukan kata balasan baik, alhamdulillah. Sehingga tampilannya seperti ini.

  5. Jika sudah klik save dengan tombol tanda centang di pojok kanan bawah Silahkan kamu coba ketik apa kabar (baik menggunakan tanda tanya atau tidak), maka pesan balasan otomatis baik, alhamdulillah akan muncul, gimana keren kan?


Cara Setting Kata Tertentu di Tengah Kata dengan Pattern Matching (versi Pro)

Misalkan kalian dapat pesan kata Assalamualaikum dan Assalamualaikum (pakai tanda petik di tengah kata), untuk bisa membalas pesan otomatis dengan jawaban salam tersebut maka kalian harus menaruh tanda bintang di tengah katanya sebagai pengganti tanda petiknya. Contohnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Untuk bisa menjawab kedua salam tersebut, kamu harus meletakkan tanda bintang menggantikan tanda petiknya. Mari kita coba, ketika kita ketik kata Assalamualaikum dan Assalamualaikum (pakai tanda petik di tengah kata) maka jawabannya akan tetap muncul.

Expert Pattern Matching (versi Pro)

Kamu juga bisa menggunakan metode Expert Pattern Matching yang lebih kompleks lagi, di mana metode ini akan dijelaskan pada contoh dibawah ini.

Contohnya sebagai berikut :

  • 10* = jika mau membalas angka 1,10,100 dan seterusnya

  • Hi+ = jika mau membalas pesan Hi atau Hiii (berapapun banyak i nya dibelakang)

  • .{10,} = jika pesan diterima berjumlah 10 karakter

  • [0-9]{4} = jika pesannya berupa pin berjumlah 4 digit

  • Coo+l atau Co{2,}l = jika mau membalas pesan Cool, Cool dan seterusnya

  • S+@w+.([a-z]|.){1,6} = jika mau membalas pesan berupa alamat email

Welcome Message (versi Pro)

Welcome message ini digunakan saat pertama kali chat dikirimkan oleh lawan chat kamu.

Kamu bisa mengetikan kata pembukaan chat di bagian Reply Message pada metode Welcome Message, contoh sebagai berikut.

Jika ada chat masuk pertama kali, maka akan dibalas otomatis pesannya sepert kata-kata di atas. Oh iya, pesan ini hanya muncul ketika orang yang kamu chat belum ada di kontak ya, jadi ketika kamu coba tidak berhasil itu mungkin dikarenakan kontaknya sudah kamu save.

Mengirimkan Titik Lokasi Maps

Salah satu fitur canggih lain dari aplikasi AutoResponder ini adalah kamu bisa mengirimkan lokasi titip maps kamu ke lawangan chat secara otomatis. Caranya kamu hanya tinggal pencet tombol drop point (maps) yang ada di Reply Message.

Hasilnya seperti ini.

Cara Balas WhatsApp Otomatis

Kesimpulan

Demikianlah kupas tuntas pembahasan Cara Balas WhatsApp Otomatis dengan AutoResponder WA.

Aplikasi AutoResponder ini sangat cocok bagi kamu memiliki bisnis online dan ingin menjawab beberapa pesan otomatis yang sering berulang-ulang dikirimkan tanpa. Dengan metode Pattern matching atau Expert pattern matching kamu bisa memodifikasi pesan kamu sendiri sesuai keinginan.

Aplikasi ini memang serupa dengan WhatsApp Bisnis tetapi di WhatsApp Bisnis hanya bisa menjawab otomatis pada Welcome Message saja. Sehingga sangat tepat jika kamu menggunakan aplikasi AutoResponder WA ini untuk kebutuhan chat bot kamu. 


Leave a Comment