Berkenalan dengan Apa itu Data Cache Aplikasi

 

Sumber: Unsplash.com

Pada setiap aplikasi yang Anda pasang di ponsel Anda pasti ada yang namanya data cache. Apa itu data cache aplikasi adalah data yang sementara singgah di memori ponsel dan berasal dari aplikasi yang sedang berjalan

Mungkin Anda juga bingung mengapa ada data sementara seperti ini. Data cache ini berguna untuk membuat pengalaman Anda menggunakan suatu aplikasi menjadi lebih nyaman.

Misalnya saja ketika Anda sedang berselancar di aplikasi Facebook, Anda tentu akan sering sekali bertemu dengan gambar atau video, kan? Nah, gambar-gambar beserta video ini akan terload dan tersimpan di memori ponsel sementara.

Jadi, ketika Anda scroll ke bagian yang sudah pernah Anda lihat gambar maupun video sementara ini akan ditampilkan. Sehingga akses tersebut tidak akan membebani ponsel dan koneksi internet Anda yang mengakibatkan lemot.

Meski apa itu data cache aplikasi ini bersifat sementara tidak serta merta setelah Anda menggunakan aplikasi data tersebut akan otomatis terhapus. Anda yang harus secara rutin menghapusnya agar tidak menumpuk di ponsel dan memakan banyak ruang memori.

Kalau data cache ini Anda biarkan terus menerus berada di memori ponsel tidak lama ponsel Anda akan semakin lamban dan lamban. Hal ini bukan berarti Anda harus segera ganti ponsel, melainkan harus segera menghapus data cache agar ponsel bisa beroperasi dengan optimal.

Cara Mudah Menghapus Apa itu Data Cache Aplikasi

Menghapus data cache aplikasi ini sangat mudah sekali sehingga Anda dapat melakukannya sendiri tanpa perlu tukang servis. Setiap langkah penghapusan data cache aplikasi ini dilakukan di ponsel Xiaomi Redmi Note 8, jadi ada kemungkinan tidak sama caranya dengan ponsel selain itu.

Dari layar home Anda dapat masuk ke menu Setelan dengan menyentuh iconnya. Tidak lama Anda akan disuguhi banyak sekali menu-menu yang berhubungan dengan pengaturan ponsel. Silakan gulir ke bawah dan memilih menu Apl kemudian Kelola Aplikasi. 

Anda akan mendapatkan daftar aplikasi yang terpasang di ponsel Anda. Untuk menghapus apa itu data Cache aplikasi Anda harus memilih dulu aplikasi mana yang ingin Anda hapuskan cachenya.

 

Informasi mengenai aplikasi yang bersangkutan akan tapil di layar ponsel Anda. Pilihlan Clear Cache yang ada di pojok kanan bawah dari layar ponsel Anda untuk menghapus cachenya. Sentuh Ok pada notif konfirmasi tindakan yang muncul setelahnya.

Nah, sekarang cache aplikasi sudah terhapus dan memori ponsel Anda bertambah ruang kosongnya. Silakan mencoba menggunakan ponsel Anda sendiri dengan beberapa penyesuaian tentunya.

Nah, demikianlah ulasan mengenai apa itu data cache aplikasi. Bagaimana menurut Anda, cara ini sangat bermanfaat untuk menyelamatkan memori dan kinerja ponsel Anda, kan?

Leave a Comment