Apa itu Aplikasi Duo dan Cara Mengoperasikannya

Sumber: duo.google.com

Perkembangan teknologi sekarang ini sangat cepat sehingga memunculkan banyak sekali manfaat untuk masyarakat di dunia. Salah satu inovasi yang muncul akibat perkembangan teknologi adalah munculnya aplikasi video call terbaru. Anda mungkin saja belum mengenal dengan baik apa itu aplikasi Duo.

Aplikasi ini merupakan aplikasi di bawah Google yang baru dan berfokus kepada komunikasi penggunanya. Dengan aplikasi ini Anda dapat bertatap muka secara virtual dengan penerima lain yang juga menggunakan aplikasi Duo. Sampai saat ini aplikasi Duo mampu mengakomodir sebanyak 32 orang sekaligus dalam satu panggilan grup.

Google mengklaim bahwa aplikasi ini merupakan aplikasi panggilan video yang sederhana. Sehingga Anda dapat menyamakannya dengan panggilan suara yang hanya fokus pada suara saja. Aplikasi Duo juga tidak seperti aplikasi lain yang juga menyediakan layanan berkirim pesan maupun gambar.

Fitur-Fitur Keren yang Ada di Aplikasi Duo

Mengenal apa itu aplikasi Duotidak akan lengkap bila tidak mengenali fitur-fitur kerennya. Hal ini tentu tidak disangka-sangka karena pihak Google sendiri mengklaim ini adalah aplikasi panggilan video yang sederhana. Nah, berikut ini adalah dua fitur keren dari aplikasi Duo yang dapat Anda nikmati.

Mengintip Pemanggil Video Sebelum Menerima

Sumber : duo.google.com

Fitur dari Google yang satu ini dapat terkategori sebagai fitur trobosan baru karena belum ada aplikasi lain yang memberikan fitur serupa. Pada panggilan video umumnya Anda hanya akan dapat melihat ID pemanggil saja dan nomor bila Anda tidak menyimpan nomor pemanggil tersebut.

Namun, pada fitur yang dinamakan Knock Knock oleh Google ini memiliki konsep yang cukup unik. Anda tidak hanya dapat melihat ID pemanggil saja, melainkan dapat melihat pratinjau video life dari pemanggil.

Ini jelas merupakan konsep fitur yang menarik untuk Anda coba. Karena Anda dapat menikmati momen sesaat sebelum Anda menjawab panggilan video tersebut.

Kirim Pesan Video 

 

                                                             Sumber : duo.google.com

Apa itu aplikasi Duomemang tidak menyediakan layanan untuk berkirim pesan teks layaknya aplikasi-aplikasi untuk komunikasi pada umumnya. Tetapi kembali lagi, Duo menghadirkan pengalaman berkirim pesan baru melalui aplikasinya.

Pada aplikasi Duo, Anda dapat saling mengirimkan pesan video ke kontak yang Anda miliki di aplikasi Duo ini. Caranya pun sangatlah mudah, Anda hanya perlu memposisikan diri dihadapan kamera dan menekan tombol rekam. Sampaikan apa yang ingin Anda bicarakan ke lawan bicara dihadapan kamerea.

Anda dapat menekan tombol kirim apabila sudah selesai merekam pesannya. Sederhana sekali bukan konsep berkirim pesan pada aplikasi Duo ini?

Fitur Dukugan Perangkat yang Lengkap

Sumber: Unsplash.com

Pada beberapa aplikasi pemanggil video, pihak pengembang biasanya memfokuskan untuk penggunaan aplikasi di perangkat Android atau IOS saja. Dan untuk perangkat-perangkat lainnya masih belum dikembangkan atau bahkan tidak ada rencana pengembangan sama sekali.

Apa itu aplikasi Duo memberikan Anda kejutan lagi. Aplikasi Duo memiliki dukungan terhadap perangkat-perangkat lain yang bahkan dapat dikatakan hampir lengkap. Anda dapat menggunakan aplikasi Duo melalui laptop baik dari browser maupun download aplikasi Duo untuk perangkat laptop.

Tidak hanya itu aplikasi Duo juga mendukung perangkat tablet dan smart display seperti nest hub max. Ini tentu akan memberikan Anda kemudahan akses yang sangat berharga karena Anda dapat mencoba panggilan video dengan perangkat selain ponsel.

Cara Mudah Mengoperasikan Google Duo 

Sumber: twitter.com/sanazahari

Pembahasan apa itu aplikasi Duoakan berlanjut pada cara pengopreasian perangkatnya. Setelah membaca ini Anda pasti dapat mengoperasikan Aplikasi Duo dengan lancar meski baru pertama kali melakukannya. Oleh karena itu, simaklah baik-baik langkah-langkah berikut ini.

Mengunduh dan Meninstal Duo

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh terlebih dahulu aplikasi Duo melalui portal download sesuai perangkat yang Anda gunakan. Bila Anda menggunakan laptop, Anda dapat menggunakan Duo Web dan tidak perlu mengunduh lagi.

Lakukan instalasi apa itu aplikasi Duo sesuai dengan petunjuk yang muncul dan tunggulah sampai proses instalasi selesai. Agar dapat mengakses layanan Duo Anda harus memiliki akun terlebih dahulu.

Mendaftar di Duo

Untuk mendaftar di aplikasi Duo yang Anda butuhkan adalah nomor telepon saja. Isikan nomor telepon pada kolom isian yang tersedia di aplikasi Duo. Pastikan Anda benar dalam menginputkan nomornya, karena nomor tersebut akan dikirimi kode dalam pesan oleh Google.

Anda perlu memasukkan kode dengan benar untuk melanjutkan proses mendaftar di aplikasi Duo. Tekanlah Kirim Ulans SMS apabila Anda belum menerima pesan dalam kurun waktu yang ada di aplikasi. Anda juga dapat memilih Telepon Saya sehingga pengiriman kode dilakukan via telepon.

Sekarang Anda sudah siap menggunakan aplikasi Duo untuk melakukan panggilan Video maupun berkirim pesan via video. Cobalah menghubungi salah satu kontak Anda untuk merasakan sensasi berkomunikasi via Duo.

Inilah akhir pembahasan ulasan apa itu aplikasi Duo. Nah, menurut Anda apakah aplikasi cukup menarik untuk dicoba?

 


Leave a Comment