ALASAN MENGAPA IKLAN YOUTUBE TIDAK DAPAT DI SKIP

 Seperti yang kita ketahui, youtube merupakan sebuah situs website / aplikasi berbagi video, pada situs ini juga memungkinan seorang user dapat mengunggah, menonton, serta membagi video. Mulai dari video tutorial hingga video vlog para selebritis terkenal dari kalangan nasional hingga internasional.

Mungkin bagi kalian para pengguna Youtube belakangan ini menyadari bahwa iklan pada video youtube tidak dapat di skip, memang terkadang hal itu membuat kita cukup kesal sebagai pengguna. Hal ini terjadi bukan tanpa sebuah alasan, karena memang pada dasarnya iklan tersebut dibuat untuk memberikan keuntungan kepada pihak pembuat / konten kreator youtube tersebut, selain itu ada beberapa alasan kenapa sih iklan di youtube belakangan ini tidak dapat di skip ? Simak penjelasan berikut ini 1. Fitur Non Skippable Ads yang disediakan oleh Youtube

Awalnya pihak Youtube menyediakan fitur ini hanya untuk beberapa konten kreator saja, tetapi kini semua konten kreator youtube dapat menggunakannya. Youtube akan memberikan izin kepada konten kreator untuk mengaktifkan atau menonaktifkan pilihan agar iklan yang tayang pada setiap videonya itu dapat dilewati ataupun tidak oleh penonton.


Hal ini diumumkan melalui sebuah video yang diunggah pada channel Creator Insider oleh Pihak Youtube, Channel tersebut merupakan sebuah channel yang bersifat informal yang dikelola langsung oleh tim teknis dari Youtube Creator dengan tujuan untuk berbagi informasi dan hal-hal lain mengenai youtube kepada para konten kreator.

2. Iklan yang tidak bisa dilewati biasanya memiliki durasi yang singkat


Meskipun memang iklan yang tidak bisa dilewati ini ada, tetapi memang tidak memakan durasi yang lama, karena pertimbangan untuk para pengguna youtube jika terlalu lama, walaupun sebenarnya alasan ini juga bertujuan untuk memberikan keuntungan bagi konten kreator youtube dengan adanya iklan tersebut, maka akan meningkatkan keuntungan bagi konten kreator, dengan begitu para pengiklan harus membayar lebih mahal untuk iklan mereka yang tidak dapat dilewati.

Dari pihak Youtube juga menjelaskan iklan yang tidak bisa dilewati memiliki durasi yang sangat terbatas, dengan begitu para penonton setia youtube tidak perlu menunggu waktu terlalu lama sebelum mereka menyaksikan sebuah video yang ingin mereka tonton. Durasi maksimal untuk iklan yang tidak dapat dilewati adalah 15 sampai dengan 20 detik tergantung wilayah si konten kreator berada.

3. Fitur yang opsional dapat digunakan maupun tidak oleh konten kreator youtube


Hal yang ketiga ini menjelaskan bahwa youtube memberikan kebebasan kepada para konten kreator youtube dalam menggunakan fitur ini. Perwakilan dari pihak youtube menjelaskan bahwa dalam pekan kali ini, para konten kreator yang memonetisasi videonya maka akan mendapatkan notifikasi bahwa mereka dapat mengaktifkan iklan yang tidak dapat dilewati pada video-video mereka.

“Dulu, opsi ini hanya tersedia bagi beberapa pembuat konten tertentu saja. Namun, dengan pembaruan ini, semua orang yang memonetisasi kontennya akan mendapatkan akese untuk mengaktifkan iklan yang tidak dapat dilewati.” Ujarnya.

Pihak Youtube juga menambahkan, meski demikian apabila konten kreator tidak menyukai fitur ini, mereka juga dapat menonaktifkan iklan yang tidak dapat dilewati, seperti yang dikutip Mashable.

Itu tadi beberapa alasan mengapa youtube mengadakan Fitur Non Skippable Ads, karena pihak youtube ingin memberikan keuntungan lebih untuk video yang dibuat oleh para konten kreator Youtube. Demikian artikel kali ini saya buat, semoga bermanfaat serta dapat memberikan bagi kita semua, sekian dan terima kasih.

Leave a Comment