3 Cara Mengatasi Link Google Form Tidak Bisa Dibuka Di HP Android

 Google Form atau Google Formulir merupakan salah satu layanan Google yang digunakan untuk membuat formulir kuesioner secara mudah dan gratis. Layanan ini merupakan bagian dari G Suite yang juga terintegrasi dengan layanan Google lainnya. Pengguna bisa akses Google Form melalui Google Drive . Google Form menjadi alternatif terbaik yang bisa digunakan untuk membuat survei secara online dengan membuat berbagai pertanyaan sesuai keinginan dan kebutuhan.


Fitur yang disediakan cukup beragam, pengguna bisa menambahkan pilihan ganda, dropdown, checkbox, tanggal, isian, dan masih banyak lagi. Meskipun demikian, terkadang beberapa pengguna masih merasa kesulitan dalam membuat maupun mengakses link Google Form yang dibagikan orang lain. Berikut beberapa penyebab yang membuat link Google Form tidak dapat diakses melalui browser laptop/ Komputer  dan Android/ iOS (iPhone).

  • Anda tidak memiliki izin untuk mengakses link tersebut. Pembuat Google Formulir dapat menentukan siapa saja yang bisa mengakses link formulir, apakah untuk publik atau hanya untuk pengguna yang sudah ditambahkan. Bisa jadi, Anda tidak memiliki akses karena akun Google Anda belum/ tidak ditambahkan.

  • Akun Google pada browser tidak sesuai. Kemungkinan lain, akun Google yang Anda gunakan pada browser tidak sesuai. Untuk itu, pastikan akun Google Anda benar sesuai dengan yang ditambahkan pembuat Google Form.

  • Batas akses link Google Form telah habis. Pembuat Google Form dapat mengatur sampai kapan batas pengisian survei atau formulir berlangsung. Jika masa tersebut telah habis, maka Anda tidak bisa mengisi/ atau bahkan mengaksesnya.

  • Browser yang Anda gunakan bermasalah. Kemungkinan, browser yang Anda gunakan bermasalah, error, dan perlunya dilakukan update. Entah yang Anda gunakan Google Chrome, Firefox, ataupun yang lainnya.

  • Terhubung dengan aplikasi lain yang tidak mendukung Google Form. Jika Anda mengakses Google Form melalui ponsel Android dari Aplikasi WhatsApp dan sejenisnya, kemungkinan terkait atau terhubung dengan aplikasi yang tidak mendukung Google Form. Jika link tersebut terbuka otomatis melalui WPS Office (misalnya), sudah pasti tidak bisa dibuka/ akses.

Link Google Form Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Seperti yang saya jelaskan di awal, Anda perlu memastikan bahwa akun Google yang Anda gunakan telah mendapatkan akses untuk mengakses ke link Google Form. Tanyakan ke pembuat formulir, apakah link dapat di secara publik atau hanya untuk yang ditambahkan akun Gmail. Jika demikian, pastikan email Anda telah ditambahkan. Kemudian cek Google Chrome Anda, pastikan login menggunakan email sesuai dengan yang ditambahkan.

  1. Buka aplikasi Google Chrome.

  2. Klik ikon tiga titik yang ada di bagian atas » pilih Setelan.

  3. Kemudian cek akun Google Anda, apakah sesuai atau tidak.

  4. Jika tidak, ganti dengan akun yang telah diberikan izin untuk mengakses link Google Form.

  5. Jika akun telah sesuai, coba akses kembali link tersebut.

  6. Selesai.

2. Update Google Chrome Android

Kemungkinan lain, Google Chrome yang Anda gunakan bermasalah. Cobalah untuk mengupdate aplikasi ke versi paling baru saat ini agar lebih stabil dan maksimal saat digunakan.

  1. Buka Google Play Store.

  2. Temukan dan pilih Google Chrome.

  3. Klik Update untuk memperbarui aplikasi.

  4. Tunggu sampai proses update berhasil dilakukan.

  5. Selesai.

3. Hapus aplikasi yang sekiranya terhubung

Saya pernah memiliki masalah ketika membuka link Google Form melalui aplikasi WhatsApp. Bukannya langsung menuju browser Chrome, namun yang terbuka justru WPS Office. Untuk itu, coba pastikan kembali aplikasi mana yang Anda hubungkan untuk membuka link Google Form. Pastikan link terbuka menggunakan Google Chrome ataupun browser lain (bukan WPS Office dan sejenisnya). Hapus aplikasi yang sekiranya menjadi masalah dalam membuka link Google Form.

  1. Buka Pengaturan » Aplikasi & notifikasi » Aplikasi.

  2. Temukan dan pilih aplikasi yang menjadi masalah.

  3. Tap Hapus Instalasi untuk menghapus aplikasi.

  4. Konfirmasi penghapusan dengan OK.

  5. Selesai.

Catatan: Setiap perangkat memiliki metode berbeda, Anda perlu menyesuaikan dengan perangkat yang Anda gunakan.

Jika Anda ingin akses url/ link Google Form via aplikasi WhatsApp, pastikan pilihannya adalah browser seperti Google Chrome. Jangan memilih menggunakan aplikasi lain yang tidak mendukung Google Form.

Penutup

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam membuka url/ link Google Form di browser laptop dan Android. Jika Anda memiliki kendala lain dalam mengakses link Google Form, tulis pertanyaan ataupun pesan error yang muncul melalui kolom komentar. Bagikan artikel ke sosial media Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat.

Terima kasih dan selamat mencoba!



Leave a Comment