9 Perbedaan Akun Google Pribadi Dan Bisnis.

 


Setiap kali kami membandingkan Gmail Pribadi dan Gmail Bisnis, perbedaan utama yang muncul di antara keduanya adalah bahwa akun sebelumnya di Gmail built hanya untuk penggunaan pribadi, sementara yang kemudian satu akun dibuat untuk bisnis atau tingkat organisasi yang lebih besar. Kedua kategori Gmail ini berbeda satu sama lain berdasarkan layanan atau aplikasi.

Di Gmail biasa atau Pribadi ada Opsi untuk saya sendiri, sedangkan di Gmail bisnis ada opsi untuk mengelola bisnis saya dan di kontrol dari administrator.

Perbedaan utama di antara mereka adalah jenis akun dan beberapa fitur lain seperti di akun Gmail pribadi yang dikelola hanya oleh orang itu sendiri, sementara di Gmail bisnis membantu pengguna yang berbeda untuk datang dalam satu platform dan mendapatkan akses ke semua layanan dan produk Google.

Bisnis yang berbeda dapat dijalankan dengan menggunakan layanan Google Gmail karena email mereka aman. Akun email perusahaan dikelola dan dibayar oleh perusahaan. Akun Gmail pribadi terus diperbarui hanya untuk pesan dan pemberitahuan tertentu.

Saat berada di akun Gmail Bisnis, ini memberikan pemberitahuan ke semua edisi atau pengguna terkait. Untuk bisnis yang lebih besar atau pengguna yang terhubung, Gmail bisnis lebih disukai sedangkan untuk penggunaan reguler akun Gmail pribadi lebih disukai.

berikut ini kita akan rangkum mengenai informasi perbedaan akun gmail bisnis dan pribadi secara umum beserta dengan fitur canggih dan kelebihannya dari akun google pribadi.

1. Email Dengan Nama Domain 

Bagi penggiat bisnis, memiliki nama email yang sesuai dengan domain sangat berpengaruh terhadap branding bisnis tersebut. Terlebih lagi jika penggunaannya untuk perusahaan, maka akan terlihat lebih profesional dibanding dengan akun google pribadi.Fitur Gmail for work memungkinkan kamu untuk mendapatkan personalisasi dengan domain yang diinginkan sesuai dengan nama bisnis kamu. Nantinya tampilannya bukan “contoh@gmail.com” melainkan berubah menjadi “contoh@tipsgaptek.com”.

2. Keamanan Data Pengguna Yang Terjamin 

Google bisnis menggunakan sistem penyimpanan data dengan metode Cloud Storage. Hal ini yang membuat data kamu lebih aman dan terjamin. Selain itu data tidak bisa di akses kecuali orang tertentu yang menyebabkan data hilang atau tersebar luaskan.

3. Akses Penuh Admin Perusahaan 

Berbeda dengan akun google pribadi, akun google bisnis memungkinkan admin untuk melakukan akses penuh di dalamnya. Misalnya dalam sebuah perusahaan ada karyawan yang memutuskan untuk resign atau keluar dari perusahaan, maka admin perusahaan bisa langsung memutus akses email tersebut.

Sehingga karyawan tadi tidak bisa login dan menjalankan aktivitas di dalamnya. Admin juga bisa melakukan kontrol seperti ubah sandi dan akses semua email perusahaan dengan mudah dan cepat. Hal ini membuat kamu lebih mudah dalam mengatur user yang ada didalamnya.

4. Mengatur Nama Pada Email 

Selain bisa mengubah nama pada domain emailnya. Kamu juga bisa membuat dan mengubah sendiri nama username dari email yang masuk dalam akses G Suite. Misalnya kamu bisa saja membuat nama “raffiahmad@tipsgaptek.com”

Dan ini tidak ada batasan seperti akun pribadi yang biasanya tidak bisa dibuat sesuka hati dikarenakan sudah banyak yang menggunakan username tersebut.

5. Media Penyimpanan Yang Lebih Besar 

Jika pengguna akun google pribadi hanya mendapatkan akses penyimpanan data sebesar 15 GB, berbeda dengan akun google bisnis. Untuk tipe G Suite Basic, kamu bisa mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 30Gb. Dan untuk G Suite Enterprise bisa unlimited ruang penyimpanan yang akan kamu dapatkan.

Tentunya ini merupakan keunggulan yang sangat berguna dari penggunaan akun google untuk mengelola bisnis.

 6. Melakukan Rapat Video Call Tanpa Batas 

Jika pada akun pribadi, kamu ada batasan baik dari segi jumlah pengguna maupun untuk fitur di dalamnya seperti recorder atau perekam video call. Namun dengan akun bisnis google ini, tidak ada batasan seperti penggunaan akun pribadi google. Dan juga kamu mendapatkan fitur tambahan untuk melakukan video call

7. Layanan Dukungan 24 Jam 

Tentunya akan ada masa dimana masalah terjadi kepada sebuah sistem. Hal inilah yang membuat google memberikan pelayanan ekstra terhadap masalah yang akan kamu hadapi jika menggunakan akun google bisnis.

Pelayanan 24 jam selama 7 hari penuh akan kamu dapatkan baik via email, telepon atau pada via live chat yang tidak ada pada akun gmail gratis.

8. Membentuk Tim atau Kelompok Proyek 

Kamu juga bisa membentuk tim pada sebuah proyek yang sedang berlangsung. Hal ini membuat orang orang dalam tim tersebut bisa dengan bebas untuk saling koreksi antara satu dengan yang lain.

Admin bisa menentukan mana saja yang masuk kedalam proyek serta membagikan data dan laporan kedalam satu meja kerja yang sama untuk bisa diakses kepada tim proyek tersebut.


9. Harga Yang Relatif Terjangkau 

Ada 2 macam pilihan yang bisa kamu terima dan disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan kamu. Seperti paket hemat atau unlimited dengan layanan tanpa batas.

Untuk yang basic harga perbulannya adalah 3-5$ perbulan atau setara dengan hampir Rp 70 ribu rupiah. Kamu juga bisa memilih g suite basic ini untuk penggunaan biaya pertahun dengan nominal $30 per tahun.

Pengguna G Suite Basic ini mendapatkan fitur penyimpanan 30GB, alamat email bisnis, video calls, dukungan cs 24 jam penuh dan juga layanan lainnya yang kami sebutkan diatas.

Sedangkan untuk G Suite enterprise memiliki biaya perbulan $10 atau $120 per tahunnya. Ini belum termasuk dengan pajak.

 

Penutup

Itulah tadi beberapa informasi mengenai perbedaan akun google pribadi dan bisnis yang banyak memiliki manfaat bagi kamu penggiat bisnis. Jadi mulai tertarik untuk lebih profesional atau tetap menggunakan akun google pribadi? komentar di kolom bawah ya.

Terima kasih sudah membaca artikel kami mengenai perbedaan akun gmail pribadi dan bisnis. Semoga bisa bermanfaat untuk kita bersama dan selamat mencoba untuk kamu yang ingin berpindah haluan.