Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

8 Aplikasi Untuk Memblokir Iklan Di Android 2021

Saat menjelajahi internet menonton video, atau sedang baca artikel, seringkali iklan muncul, tak jarang beberapa orang merasa terganggu dengan kehadiran iklan tersebut, karena dianggap mengganggu suasana saat bermain gadget.


Tak hanya saat bermain internet saja, namun iklan juga bisa muncul ketika sedang bermain game atau bahkan streaming sebuah video tertentu. Kemunculan iklan yang tidak tepat memang sangat mengganggu serta membuat pengguna terpancing emosinya. 

Jika kamu merasa iklan begitu mengganggu pengalaman ketika sedang bermain gadget, maka tak perlu khawatir lagi karena sudah ada beberapa aplikasi pemblokir iklan. 

Kemunculan aplikasi pemblokir iklan tentu akan membantu dalam menghilangkan iklan yang sering sekali mendadak muncul di depan mata.

Jika kamu ingin tahu aplikasi apa saja untuk memblokir iklan? yuk simak sampai habis ya. 

  1. AdBlocker Ultimate Browser


AdBlocker Ultimate Browser lebih ke browser yang dilengkapi dengan fitur pemblokir iklan. Perlu kamu ketahui bahwa AdBlocker Ultimate Browser dapat dijadikan fitur alternatif dari Google Chrome yang notabene tidak memiliki fitur adblock bawaan.

Selain bisa memblokir segala jenis iklan, aplikasi AdBlocker Ultimate Browser juga bisa memblokir tracker, malware dan berbagai situs yang berpotensi phising. 

Secara keseluruhan, AdBlocker Ultimate Browser dapat berguna untuk menjalankan tugasnya dengan baik karena menghadirkan banyak fitur ekstra. 


  1. Adblock Plus


Jika kamu merasa terganggu dengan banyaknya iklan yang muncul ketika menggunakan ponsel pribadi, maka ada baiknya mengunduh aplikasi Adblock Plus. 

Sebagai salah satu aplikasi pemblokir iklan yang cukup populer, Adblock Plus dapat bekerja pada perangkat yang telah telah di-root maupun belum di-root. Meskipun begitu, pengguna non-root akan lebih banyak langkah yang perlu dilakukan ketika sedang menggunakan Adblock Plus. 

Perlu diketahui juga bahwa aplikasi Adblock Plus dapat bekerja dengan cara menyaring web traffic sama seperti versi ekstensi web browser. 

Untuk mendapatkan manfaatnya dengan nyaman, maka pengguna hanya perlu membuka aplikasinya lalu mengatur sistem pengaturan sesuai keperluan. Jika sudah disesuaikan dengan kebutuhan, maka secara otomatis Adblock Plus akan bekerja.

  1. AdAway


AdAway bisa menjadi salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk memblokir berbagai iklan pengganggu. 

Perlu Mama ketahui bahwa AdAway merupakan aplikasi pemblokir iklan sederhana yang menggunakan file host. Pemodifikasian file host mampu bekerja untuk mengirim permintaan iklan ke 12.0.0.1 yang dengan kata lain, aplikasi AdAway dapat ‘membelokkan’ iklan ke tempat lain agar menghilang dari aplikasi pengguna. 

Aplikasi AdAway yang sudah dimiliki pun dapat mendukung file host custom termasuk ketika sedang membutuhkan akses root agar bisa beroperasi. Selain itu, AdAway juga membutuhkan F-Droid yang hanya bisa diunduh di luar Play Store. 

Demi memblokir iklan-iklan yang cukup mengganggu, AdAway bisa diunduh secara gratis hanya saja akan ada opsi donasi jika pengguna ingin menyumbang.

4. AdClear


 Jika kamu sedang mencari-cari aplikasi pemblokir iklan, AdClear bisa menjadi salah satu pilihan. AdClear dapat bekerja di dalam perangkat non-root serta dikembangkan oleh XDA developer. 

AdClear dapat menciptakan VPN untuk menyaring iklan yang masuk sebelum pada akhirnya sampai ke web atau aplikasi. Selain itu, aplikasi AdClear juga dapat menyaring iklan yang terenkripsi.  

Aplikasi AdClear mampu bekerja dengan baik melalui koneksi Wifi ataupun data seluler, sehingga dapat memblokir segala jenis iklan dari banyak jenis aplikasi. 

 5.Bloch This


Bloch This termasuk salah satu aplikasi pemblokir iklan terbaik yang efektif dan mudah digunakan.  

Aplikasi Block This menggunakan ‘metode ala VPN’ serupa yang juga digunakan oleh Adblock Plus dan AdGuard. Perlu diketahui bahwa Block This menggunakan DNS blocking karena memiliki filter. 

Developer dari Block This mengklaim bahwa cara DNS blocking menguras lebih sedikit baterai. Hal ini dikarenakan sebagian besar aktivitasnya dilakukan sebelum iklan mencapai perangkat para pengguna. 

Block This layak untuk dicoba nih.

6.Unicorn Blocker


Unicorn Blocker bisa menjadi rekomendasi terakhir yang dapat digunakan dalam memblokir berbagai iklan. Terkadang kemunculan iklan memang begitu mengganggu, sehingga perlu diblokir menggunakan perangkat tertentu. 

Unicorn Blocker tidak hanya mampu memblokir iklan yang kerap mengganggu, namun juga bisa mencegah kemunculan pop-up. Dengan menggunakan perangkat ini, kamu pun dapat menghemat kuota hingga 50 persen dan mampu berselancar di internet tiga kali lebih cepat dari biasanya. 

Ketika iklan tak lagi muncul, maka baterai pun menjadi lebih hemat hingga 21 persen. Perlu diketahui bahwa Unicorn Blocker dapat memblokir iklan di lebih dari 1.000 situs mulai dari komunitas, media hingga blog. 

Meskipun begitu, Unicorn Blocker agak terbatas karena hanya bisa bekerja di browser seperti Samsung Internet dan Yandex Browser.


7. AdGuard


AdGuard menjadi salah satu yang bisa digunakan untuk pemblokir iklan apalagi cara kerjanya sama seperti Adblock Plus. 

AdGuard berjalan sebagai layanan yang mampu memfilter lalu lintas selama situs web sedang berjalan. Sama seperti Adblock Plus, AdGuard juga bisa digunakan di perangkat non-root, namun perlu ada beberapa pengaturan ekstra.

AdGuard akan tetap menampilkan tab web traffic sama seperti aplikasi penghemat kuota, GlassWire. UI yang dibawa oleh AdGuard juga sederhana dengan Material Design yang ciamik. 

Untuk AdGuard dengan versi premium, maka kamu akan mendapatkan fitur yang akan lebih lengkap.

 

8.Browser dengan pemblokir iklan

Sebenarnya ada banyak browser (peramban) yang dipasang dengan ad-block. Peramban-peramban tersebut akan menyaring hampir semua trafik iklan atau setidaknya akan mengurangi iklan paling mengganggu.

Salah satu contohnya adalah Chrome. Namun, iklan di Chrome tidak sepenuhnya sirna, masih ada iklan yang muncul meski tak sebanyak jika tanpa dipasang adblock. Munculnya iklan kecil tersebut memberikan peluang situs untuk tetap menarik pundi-pundi.

Selain Chrome, ada peramban lain yang juga telah dipasang adblock di dalamnya. Misalnya Brave Browser, Firefox Focus, Kuwu Browser, Samsung Browser, dan sebagainya. Semuanya bisa dicari di Google Play Store.