Review Aplikasi Asana ( Project Management) Fitur, Biaya, Dan Pro & Kontra.

 

   

Aplikasi Asana Merupakan Aplikasi yang sering digunakan untuk para Perusahaan, individu, Solopreneur, maupun blogger untuk Memudahkan Project Management Tool

Asana adalah sebuah tool untuk manajemen proyek untuk tim dan individual yang sederhana dan intuitif. Tool ini memudahkan leader untuk membagi tugas kepada tim dan mengatur penjadwalan project tersebut.

Fitur Asana

Fitur Asana diarahkan untuk menginspirasi seluruh tim, bukan hanya manajer proyek. Fitur manajemen proyek dan workload management sangat diprioritaskan pada software ini sehingga memungkinkan tim memprioritaskan berbagai aspek proyek tanpa kehabisan sumber daya. Sayangnya, Asana tidak memiliki kemampuan penganggaran dan pembuatan invoice/ faktur secara otomatis, maka dari itu fungsinya lebih sebagai alat kolaborasi daripada solusi manajemen proyek yang sangat lengkap jika dibandingkan dengan kompetitornya.

Fitur Manajemen dan Perencanaan

Dengan menggunakan Asana, kamu dapat langsung membuat, menjadwalkan , dan memprioritaskan tugas dalam berbagai format, termasuk daftar tugas, bagan Gantt, dan papan kanban seperti Trello. Asana sangat memberimu kebebasan untuk melacak kinerja tim dan proyek kamu dengan cara yang paling sesuai untuk kamu. Asana juga membantu kamu dengan menghadirkan kalender tim kolaboratif yang dapat diakses dan diperbarui / diupdate oleh kamu atau tim kamu secara real-time jika kamu memerlukan tampilan jangka panjang dari proyek kamu.

Selain itu kamu juga dapat menggunakan Asana untuk melacak beban kerja (workload) dan waktu yang dihabiskan untuk sebuah tugas atau proyek. Namun, sebagian besar fitur canggih Asana ini hanya tersedia di Asana Premium, bukan yang gratis.

Untuk template, Asana memiliki sejumlah template kerja yang sudah dibuat mulai dari kategori marketing project hingga kategori product development yang akan memungkinkan kamu untuk langsung mengubah sedikit hal dan disesuaikan untuk proyek kamu sendiri. Selain itu, untuk beberapa tugas yang sifatnya berulang dan merupakan rutinitas tiap hari atau tiap minggunya dapat diotomatiskan oleh Asana.

Fitur Kolaborasi

Dengan menggunakan Asana, kamu dan tim kerja proyek dapat berkomunikasi, berbagi file dan dokumen dan mengakses aplikasi dari mana saja asalkan terhubung dengan internet. Setiap aktivitas tugas di Asana terdapat kotak dialog dimana kamu dan tim dapat memberikan komentar untuk berkomunikasi satu sama lainnya, berbagi sumber daya yang membantu kolaborasi tim menjadi lebih baik.

Lewat platform Asana, kamu dapat berbagi dokumen, spreadsheet, PDF, atau foto. Platform ini memungkinkan kamu mengunggah file ke list task/ tugas yang Anda pilih. Dan yang paling penting, aplikasi Asana tersedia untuk pengguna iOS dan Android, memungkinkan kamu untuk tetap berhubungan dengan tim kamu dan mengkoordinasikan tugas proyek dimana saja, kapan saja.

Fitur Dokumentasi

Terdapat juga fitur dokumentasi dimana kamu dapat menggunakan lampiran file pekerjaan di Asana, simpan file dan dokumen proyek terkait penugasan sehingga tim kamu memiliki akses cepat ke apapun yang mereka butuhkan.

Fitur Penganggaran (budgeting) dan Pengarsipan

Asana juga memiliki dasbor laporan yang mencakup berbagai perspektif proyek, termasuk didalamnya fitur monitoring dan penyelesaian tugas dari waktu ke waktu serta perkiraan anggaran. Namun, fitur ini hanya tersedia di Asana premium.

Fitur Keamanan

Dalam sistem keamanan Asana, terdapat 3 fitur keamanan yang ditawarkan, yaitu:

  • Single Sign On (SSO) integrations : Asana terintegrasi dengan sejumlah penyedia SSO yang populer, seperti Okta, One Login, Google Authenticate, LastPass, dan Bitium.

  • Two-Factor Authentication (2FA) : Asana membantu kamu  mengatur otentikasi dua faktor (2FA) untuk verifikasi identitas tambahan.

  • Advanced account permissions : Asana memiliki fitur untuk melindungi properti kamu dengan membatasi akses hanya untuk pengguna yang sesuai dengan kontrol izin terperinci (tugas, tim, dan proyek).

Harga Asana

Asana membagi paket berlangganannya menjadi 4, yaitu paket Basic yang tentunya gratis dan 3 paket berbayar, yaitu Premium, Business dan Enterprise.

Asana Basic

Asana Basic cocok untuk pemula atau individu yang baru pertama kali menggunakan project management software. Keuntungannya adalah paket Basic ini gratis. Namun tentu saja karena gratis, Anda tidak akan bisa menggunakan fitur-fitur canggih Asana yang premium.

Asana Premium

Dengan US$ 13.49 per user per bulan atau $10.99 per user per bulan (ditagih per tahun), kamu dapat menggunakan Asana untuk berkolaborasi bersama anggota tim kerja dalam menyelesaikan proyek. Paket Asana Premium ini sangat cocok untuk anggota tim kerja yang membutuhkan fitur premium Asana untuk membantu mencapai tujuan proyek mereka dengan bantuan software.

Asana Business

Paket Asana Business dibandrol dengan harga US$24.99 per bulan per user (ditagih per tahun), sedangkan untuk harga langganan per bulan per user dibandrol dengan harga US$ 30.49. Paket Asana Business ini cocok untuk kamu yang memiliki banyak tim kerja dan memiliki banyak proyek yang dilakukan bersamaan. Untuk keperluan monitoring proyek, load work, dan sumber daya waktu dan manusia, lebih baik menggunakan paket Asana Business.

Asana Enterprise

Tidak hanya terbatas dengan paket Premium dan Business, Asana juga menyediakan paket Asana Enterprise. Paket Enterprise ini sangat cocok untuk bisnis kamu yang memiliki kebutuhan keamanan maksimal, kontrol maksimal dan dedicated support team untuk selalu membantu kamu dalam menggunakan software Asana dalam proyek. Untuk harga, kamu perlu menghubungi tim sales Asana langsung.

Asana : Pro dan Kontra

Dari pengalaman saya menggunakan Asana, ada banyak fitur yang saya suka dan juga beberapa fitur yang menurut saya harus ditingkatkan lagi.

Pro

  • UI / UX yang bagus: Asana mudah digunakan, fleksibel, dan cepat, berkat desainnya yang responsif dan modern.

  • Tersedia Paket Basic yang gratis untuk pemula

  • Sangat baik untuk berkolaborasi antar tim.

  • Aplikasinya sangat mobile-friendly sehingga dapat diakses dimana saja dan kapan saja

  • Menyediakan beberapa format tampilan (Gantt, Kanban, List, Timeline, dan Calendar).

Contra

  • Fitur fungsionalitasnya dalam paket basic sangatlah terbatas, jadi jika Anda serius, Anda perlu melakukan upgrade ke paket premium.

  • Support team tidak selalu tersedia setiap saat untuk paket gratis.

  • Fitur yang ditawarkan Asana masih kurang banyak jika dibandingkan dengan software Alternatif Asana yang sudah memiliki fitur invoice langsung dan budgeting yang lebih komplit.

  • Harganya juga cenderung lebih mahal dengan fitur yang ditawarkan, berbeda dengan Monday.com yang menawarkan banyak fitur dengan harga yang lebih affordable.

Asana sangat cocok untuk siapa?

Saya mengakui bahwa Asana memiliki fitur dengan kemampuan yang canggih untuk fokus pada tim untuk berkolaborasi bersama dalam platform. Penggunaan platform ini pun sungguh sederhana karena UI/UX-nya sudah dipertimbangkan dengan sangat baik. Good job Asana team!

Akan tetapi, versi gratis Asana sangat-sangat terbatas untuk tim yang bertumpu pada software untuk pelaporan anggaran, menentukan timeline kerja, dan beberapa fitur canggih lainnya yang hanya tersedia dalam paket premium. Nah, karena hal ini, saya dapat mengambil kesimpulan bahwa versi gratis Asana hanya cocok untuk freelance dan tim skala kecil yang tidak membutuhkan banyak integrasi ataupun memiliki kompleksitas dalam pengerjaan proyeknya. Sedangkan versi premium Asana, sudah cocok untuk tim kecil dan bisnis skala menengah.

Kesimpulan

Asana merupakan software management project yang baik untuk berkolaborasi. Tampilan software sangat baik dan gampang sekali digunakan, bahkan jika kamu masih seorang pemula. Menurut saya, untuk bisnis skala kecil dengan proyek yang tidak terlalu kompleks dan rumit, Asana dapat menjadi sebuah solusi yang baik. Namun, jika kamu  adalah perusahaan besar dengan banyak proyek dan tim kerja, sebaiknya menggunakan paket Asana Business karena menawarkan lebih banyak fitur atau mencari alternatif Asana yang menawarkan lebih banyak fitur namun dengan jangkauan harga yang lebih bersahabat.