Kumpulan Interest Targeting Facebook Ads 2021


 Di dalam penargetan Iklan tentu  Kita mengenal yang namanya interest targeting di Facebook Ads,sebelum kita bahas tentang Interest targeting Facebook Ads Kita akan bahas apa itu audience target facebook ads dan bagaimana cara menentukan target audience facebook ads sesuai dengan produk yang akan Kita iklankan.

Apa Yang dimaksud Dengan Audience Dalam Facebook Ads 

Pengertian audience dalam facebook ads adalah adalah pengguna Facebook di seluruh dunia dengan berbagai minat, karakteristik, kebiasaan, gender, tempat tinggal dan lain sebagainya.

Semakin spesifik target audience yang ditargetkan semakin bagus pula performa iklan yang Kita jalankan, untuk mengetahui kumpulan interest yang ada di Facebook Ads akan Kita bahas di poin selanjutnya.

Apa itu Facebook Ads Targeting?

Facebook ads targeting adalah layanan dari Facebook Ads yang memungkinkan Kita mergetkan audiens sesuai dengan target market.


Dalam Facebook Ads targeting Kita bisa memilih audiens sesuai dengan minat, perilaku, demografi, gender dan lain sebagainya.

Memasang iklan tanpa menggunakan targeting bisa jadi hal yang sia-sia dan sangat mahal, karena Kita tidak tahu audiens mana yang tepat untuk dipengaruhi oleh iklanmu.

Melalui Facebook Ads targeting, Kita dapat memilih jenis audiens dengan kriteria tertentu dan sesuai tujuan iklanmu.

Facebook ads targeting juga menawarkan fitur Facebook Pixel, yaitu kode program website yang dapat Kita upload ke situs web.

Nah, kode ini nantinya akan mengumpulkan beberapa data, seperti visit ke website, view dari konten di situs mu, hingga orang-orang yang menggunakan fitur add to cart pada e-commerce, namun belum atau tidak melakukan pembelian, dan lain-lain.

Pemasangan kode pixel ini sangatlah mudah, Kita melakukannya sendiri atau menggunakan bantuan tools, misalnya Facebook Pixel Helper.

Kita bisa menentukan data apa yang ingin Kita dapatkan, lalu memilih kode apa yang ingin dipasang. Kita juga harus pastikan apakah kode yang terpasang sudah bekerja merekam data yang Kita butuhkan.

Apa itu Penargetan Minat atau Interest di Facebook Ads?

Seperti yang dibahas di poin sebelumnya Kita sudah ketahui apa itu targeting audience Facebook Ads.

Dalam penargetan iklan facebook Kita bisa menargetkan audiens sesuai dengan minat mereka, seperti minat dengan bola, basket, menonton film dan lain sebagainya.

Kita bisa pilih sesuai dengan target market yang Kita tentukan.

Contoh : Saya menjual sepatu bola, berarti minat yang harus saya targetkan di kumpulan interest facebook ads adalah orang yang suka dengan sepak bola, olahraga, atau bisa juga minat dengan club bola dan lain sebagainya.

Cara Riset dan Menentukan Target Audience Ketika Melakukan Facebook Ads

1. Gunakan Persona Research

Persona research yaitu cara menentukan target audiens berdasarkan pemikiran seseorang (yang menurut kamu benar). Cara ini juga banyak digunakan oleh banyak orang.

Misalnya Kita menjual raket badminton, berarti target market Kita adalah orang yang suka dengan badminton. Dalam kumpulan interest facebook ads Kita bisa menargetkan orang-orang yang suka dengan badminton, suka olahraga, tokoh badminton, admin page olahraga dan kesehatan, dan lain sebagainya.

2. Memanfaatkan Google Analytic

Cara selanjutnya untuk menentukan target audience Facebook Ads yaitu dengan memanfaatkan Google Analytic. Google Analytics adalah tools milik Google yang bisa membantu Kita mengetahui secara detail mengenai user yang mengunjungi halaman website Kita. Data dari Google Analytic bisa Kita jadikan untuk penargetan Facebook Ads.

3. Gunakan Facebook Pixel

Fitur ini hampir sama dengan Google Analytic, Facebook Pixel merupakan sebuah kode (javascript) yang diletakkan pada sebuah halaman website untuk merekam data pengunjung website yang datang melalui Facebook. Baik secara organik maupun melalui ads (termasuk Facebook Ads).

Data-data tersebut akan di record dan dikumpulkan menjadi data audiens khusus. Seperti umur, jenis kelamin, kebiasaan, hobi, dan lain-lain, nah hasilnya bisa Kita jadikan penargetan di Facebook Ads targeting.

Oke, Kita sudah bahas beberapa pengertian dan cara menentukan targeting pada Facebook Ads, kita akan masuk ke point intinya.

Langkah Menentukan Interest Dalam Iklan Facebook

Step 1: Kenali fitur dan benefit produk

Fitur adalah apa yang dimiliki suatu produk.

Misalnya: ukuran, warna, kemasan, bentuk, fungsi, kandungan, dll

Sedangkan benefit adalah manfaat yang dirasakan dari sebuah fitur.

misalnya, ukuran laptop yang kecil (fitur), membuat lebih portabel (benefit/manfaat)

Kita ambil contoh misalnya produk batik

Fitur => benefit

  • pakaian jadi (fitur) => lebih hemat dan praktis tidak perlu jahit sendiri (benefit)

  • kain (fitur) => bisa jahit sendiri sehingga ukuran bisa lebih pas di badan (benefit)

  • motif elegan (fitur) => kesan mewah, meningkatkan status sosial (benefit)

  • warna pink => kesan feminim

  • ukuran kain yang besar => bisa bikin banyak baju motif yang sama

Step 2: Siapa yang akan terbantu dengan benefit produk tsb?

Jadi setelah kita membuat daftar fitur dan benefit dari produk kita, selanjutnya adalah mencari tahu siapa orang yang akan terbantu dengan benefit produk tsb.

Benefit -> untuk siapa?

  • Hemat dan praktis -> pegawai kantoran dengan gaji pas-pas an yang mana setiap jumat di wajibkan pakai batik, misalnya guru, PNS 

  • Ukuran lebih pas di badan -> orang gendut, atau orang berbadan bagus yang lebih suka pakaiannya body fit. (body building, gym, fitness), dll

  • motif elegan -> orang2 kaya, orang dengan status sosial yang tinggi, misalnya, pekerjaan pendapatan yang diatas rata2, misalnya dokter, lawyer, pebisnis, dll. atau Orang yang berminat terhadap merk2 mahal, misalnya gucci, hermes, dll

  • warna pink -> cewek feminim

  • bisa bikin banyak baju motif yang sama -> keluarga, sudah menikah, punya anak, guru, mau menikah, dll.

Step 3: Menerjemahkan ke Bahasa yang dimengerti Facebook.

Seperti yang kita tau, di Facebook kita bisa menentukan orang2 yang akan melihat iklan kita dengan berbagai kriteria, misal usia, gender, lokasi, minat, perilaku dan masih banyak lagi.

Misalnya: 

target market utk pakaian batik jadi adalah PNS

Dalam bahasa Facebook berarti:

  • Usia 25-34 -> range umur ini kita asumsikan belum lama bekerja, gajinya masih pas pas an.

  • Gender: pria dan wanita

  • Lokasi: di seluruh indonesia atau hanya di pulau jawa, atau hanya di kota besar

  • Minat: Batik dan PNS 

Jadi untuk memasarkan batik di Facebook tidak harus yang kita ketik kan adalah kata kunci seputar batik saja.  Anda bisa mengetikkan berbagai kata kunci interest yang menggambarkan kriteria target market anda. 

Misalnya untuk menarget

  • orang gendut = anda bisa explore ke interest weight loss dan diet

  • orang fitness = anda bisa explore interest bodybuilding, physical exercise gym, fitness

  • orang kaya = anda bisa explore minat terhadap brand premium, pengguna smartphone premium, tinggal di kota besar, usia mapan 35+

  • keluarga = anda bisa explore relationship status menikah, behaviour: orang tua, punya anak, usia 30+, dll

  • feminim: anda bisa explore seputar hijab, drama korea, dll

Selanjutnya kita akan membuat ad copy yang sesuai dengan masing2 target market tersebut.

Semoga sekarang lebih paham bahwa untuk menentukan target audience dari sebuah produk, tidak harus menggunakan interest yang berhubungan dengan produk kita.

Mengenal fitur dan benefit produk menjadi kunci utama yang menentukan kepada siapa produk itu akan kita pasarkan. Selanjutnya barulah kita menerjemahkan target market kita ke bahasa yang dimengerti Facebook.

Oke, sampai sini setidaknya teman-teman sudah kebayang apa fitur, benefit dan untuk siapa produk teman-teman ditawarkan kan? Jika sudah yuk kita lanjut ke teknik untuk mendapatkan interest atau target audience.

Nah ada dua cara menentukan berbagai interest atau target audience ini: Dengan menggunakan audience insight dan menggunakan tools adsumo.

Mencari Interest Facebook Ads di Audience Insight

Untuk menggunakan audience insight kita hanya perlu masuk ke dashboard iklan kemudian klik tombol 6 titik di pojok kanan atas kemudian cari “audience insight” atau “insight pemirsa” dalam bahasa Indonesia nya.

Langkah selanjutnya ketikkan broad interest (luas) yang sudah kita kerjakan di langkah ketiga diatas. Kita akan diberikan insight dari mulai usia, gender dan lokasi orang paling banyak yang berkaitan dengan interest tersebut.

Kekurangan dari audience insight yang disediakan dari Facebook ini, kita tidak bisa mendapatkan interest lain yang berhubungan dengan interest yang kita sudah masukkan.

Facebook sebatas memberikan gambaran kepada kita seperti apa audience-nya dan Facebook Page berkaitan dengan interest. Inilah yang akan kita gunakan,

Oke sebagai contoh disini saya akan berjualan produk untuk diet. Maka saya akan ketikkan interest “diet sehat” di kolom interest (minat). Kemudian Saya akan mencari Facebook Page yang relevan dan bisa saya jadikan sebagai interest penargetan iklan.

Klik tab “Page Like” (halaman disukai). Kita akan disajikan berbagai halaman Facebook relevan dengan interest yang kita cari. Sudah selesai? belum tentu saja. Lanjut.

Next step. Pada bagian “Suka Halaman” merupakan halaman-halaman Facebook dimana pemirsa Anda berkerumun. Namun tentu saja ini hanya perkiraan algoritma Facebook saja. Untuk memastikannya kita perlu mengecek dan meng klik satu persatu ya.

Selanjutnya, kita perlu memasukkan nama Page tersebut ke kolom Interest (minat) dibagian kiri halaman. Hal ini untuk memastikan apakah Facebook Page tersebut bisa kita target iklan atau tidak. Karena tidak semua Page bisa dijadikan sebagai interest.

Jika bisa kita targetkan, maka kita masukkan ke list interest iklan. Teman-teman bisa menggunakan excel. Kumpulkan interest ini sebanyak-banyaknya untuk selanjutnya akan kita testing.

Mencari Interest Facebook Dengan Adsumo

Jujur, saat pertama kali Saya menggunakan tools ini Saya cukup ragu. Karena sebelumnya pun Saya sudah pernah membeli berbagai tools yang bisa dengan cepat memberikan interest penargetan iklan Facebook Saya. Namun selalu kecewa.

Ternyata, Saya sangat puas dengan tools Adsumo ini.

Jadi dengan Adsumo, setelah melewati 3 Langkah diatas dan menemukan broad interest yang dirasa cocok untuk ditargetkan, kita tinggal memasukkan broad interest tersebut di kolom search. Secara otomatis Adsumo akan memberikan kita interest relevan tanpa batas tergantung apa yang kita ketikkan.