Fungsi Page Layout Pada Microsoft Excel

 

Fungsi page layout pada microsoft excel yaitu mengatur tema, halaman, mengubah skala, tampilan lembar kerja, dan menata posisi objek. Menu page layout excel terdiri dari 5 group atau bagian, antara lain: Themes, Page Setup, Scale to Fit, Sheet Options, dan Arrange.

Dalam menu Page Layout, group Page Setup paling sering digunakan terutama karena untuk mengatur area dokumen yang akan diprint atau sering dikenal dengan perintah Set Print Area.

Apa fungsi menu page layout pada microsoft office excel

  1. Mengatur tema dokumen excel (Themes).

  2. Mengatur halaman sebelum di print meliputi area, margin, ukuran kertas dan sebagainya (Page Setup).

  3. Menentukan skala tampilan jendela ms excel (Scale to Fit).

  4. Menampilkan dan menyembunyikan format kertas seperti gridline, dan heading (Sheet Options).

  5. Menata posisi objek terhadap objek lain (Arrange).

Page Layout Ms Excel

1. Themes Excel.

Group Themes atau tema dalam menu Page Layout microsoft Excel adalah sebuah fitur atau perintah yang memiliki fungsi untuk mengubah gaya dokumen seperti font/teks, warna, dan effect.

Tema tersebut akan menjadi dasar gaya dokumen yang sedang kita kerjakan. Misalkan bila kita memilih tema Office, maka tabel yang kita buat, memiliki gaya dasar Office. Begitupun ketika kita memilih tema Facet. Ada puluhan tema yang disediakan oleh microsoft, tak ada ketentuan khusus harus yang A atau B. Sesuai selera, dan selama dokumen tersebut memiliki kombinasi warna, dan tulisan yang mudah dibaca. 

Dalam grup tersebut sebenarnya dibagi lagi kedalam 4 bagian.

  • Themes, dimana terdapat pilihan yang telah disediakan dengan warna, font dan effect yang telah ditentukan.

  • Colors, untuk mengubah warna apabila kurang sesuai.

  • Fonts, digunakan untuk mengubah jenis tulisan seperti Arial yang nantinya menjadi standar font dokumen tersebut.

  • Effect, tampilan visual efek dari objek-objek yang terdapat pada lembar kerja tersebut.

2. Page Setup Excel.

Pada menu Page Layout microsoft excel perintah page setup adalah sebuah pengaturan lengkap pemformatan halaman dan memiliki fungsi untuk mengatur margins, orientasi, ukuran kertas, area print, membagi halaman, dan menentukan judul yang akan terus muncul pada setiap halaman yang dicetak.

Dalam excel, group page setup terdiri atas 7 bagian:

  • Margins.

Fungsinya untuk mengatur jarak atau lebar tepi kertas terhadap objek berupa tulisan dalam dokumen excel. Umumnya, untuk menyesuaikan isi dari dokumen ukurannya akan menyesuaikan.

  • Orientation.

Perintah untuk mengatur posisi kertas yang akan dicetak, apakah vertikal / tegak, atau horizontal.

  • Size.

Dalam perintah Size, kita bisa memilih dan menentukan serta membuat sendiri besarnya kertas seperti A4, atau A3.

  • Print Area

Setelah kita selesai membuat tabel, dan memasukkannya ke dalam data, untuk menentukan area mana yang akan muncul ketika dicetak, atau menghapus area yang seharusnya tidak tampil saat dicetak.

Seperti area kosong yang tidak seharusnya, karena lembar lembar kerja / worksheet yang sangat luas.

  • Break.

Break dalam excel adalah sebuah perintah yang masuk dalam group Page Setup dengan fungsi utamanya untuk membagi area dalam kertas ke dalam beberapa halaman.

Biasanya untuk ngeprint banyak dokumen yang mirip, contoh, ID card dan sebagainya.

  • Background.

Seperti namanya, background pada excel merupakan perintah untuk mengubah lembar kerja berlatar belakang gambar berupa ilustrasi, maupun foto.

  • Print Titles.

Print Title adalah sebuah perintah dalam group Page Setup Excel yang fungsi utamanya untuk mengatur baris maupun kolom tertentu agar selalu muncul pada setiap halaman yang dicetak. Contoh penggunaannya pada judul atau kepala tabel di baris: No, Nama, Keterangan dsb.

3. Scale to Fit.

Group Scale to Fit dalam menu Page Layout microsoft excel adalah sebuah perintah fungsi utamanya untuk mengatur besarnya skala isi dokumen, seperti memperbesarnya agar menyesuaikan besarnya kertas, sehingga tidak ada ruang kosong yang sia-sia.

4. Sheet Options.

Fitur Sheet options pada menu Page Layout adalah perintah yang memiliki fungsi untuk mengatur tampilan lembar kerja / worksheet pada saat pengerjaan, maupun ketika dicetak seperti menampilkan dan menyembunyikan gridline, dan heading lembar kerja microsoft excel.

Terdapat 3 bagian utama, dalam Sheet Options, antara lain:

  • Sheet Right-to-Left.

Merupakan fitur untuk mengatur darimana dokumen tersebut dimulai, apakah dibaca dari kiri ke kanan seperti format penulisan barat atau yang biasa kita gunakan, atau dari kanan ke kiri seperti dalam dokumen negara Timur dalam bahasa Arab.

  • Gridlines.

Fitur gridlines pada microsoft excel adalah sebuah garis bantuan yang membentuk cell, dan dalam group Sheet Option, fungsinya untuk menampilkan dan menyembunyikan apakah garis tersebut muncul pada lembar kerja atau hanya muncul pada saat dicetak, atau kedua-duanya.

Nantinya akan ada pilihan ceklis, untuk View dan Print. Jika View dicentang artinya tampilan grid akan muncul ketika kita sedang mengerjakan dokumen pada excel. Jika tidak dicentang, maka kertas akan berupa lembar kosong tanpa garis.

Begitupun ketika pilihan Print dicentang, maka akan muncul saat dicetak, dan berlaku sebaliknya.

  • Heading.

Submenu heading dalam group Sheet Options merupakan perintah untuk memunculkan dan menyembunyikan Heading dalam lembar kerja maupun saat di print. Huruf A-Z yang menamai kolom, dan angka berderet ke bawah yang menamai baris agar muncul jika di centang pada View, dan ketika dicentang di Print maka akan muncul pada saat dokumen dicetak.

5. Arrange.

Group arrange pada microsoft excel adalah sebuah fitur dalam menu Page Layout yang fungsi umumnya untuk menata objek satu pda objek lain seperti gambar, shape dan tulisan agar menyatu dalam dokumen.

Dalam arrange yang terdapat pada menu Page Layout excel, terbagi atas beberapa bagian antara lain:

  • Bring Forward.

Ikon Bring Forward adalah sebuah perintah untuk memindahkan objek agar berada di depan objek lain.

Misalkan ada sebuah objek lingkaran, yang berada di belakang objek kotak. Apabila diterapkan perintah ini. Maka bentuk lingkaran menjadi di depan objek kotak.

  • Bring Backward.

Perintah Bring Backward digunakan apabila ingin mengubah posisi suatu objek agar berada di belakang objek lainnya.

  • Selection Pane.

Perintah selection pane adalah sebuah perintah dalam group Arrange excel yang fungsi utamanya untuk memunculkan panel berisi objek apa saja yang diseleksi, lalu mengaturnya agar disembunyikan atau ditampilkan dalam dokumen tersebut.

  • Align.

Fitur align adalah sebuah perintah dalam excel yang digunakan untuk memudahkan mengatur peletakan objek dalam sebuah halaman, seperti berada di atas, tengah, bawah, maupun menempel pada grid line maupun objek lain dengan perintah Snap.

  • Group.

Perintah group pada excel digunakan untuk menyatukan beberapa objek menjadi satu, maupun membatalkannya.

  • Rotate

Jika dalam microsoft excel, perintah rotate digunakan untuk memutar objek pada sudut tertentu dalam derajat.