APLIKASI WIRING DIAGRAM LISTRIK YANG UMUM DIGUNAKAN

 Aplikasi Wiring Diagram Listrik - Untuk seorang pekerja maupun mahasiswa yang berada di bidang elektro, tentunya harus memiliki sebuah aplikasi wiring diagram kelistrikan. Karena aplikasi ini pada dasarnya akan membantu anda dalam merancang rangkaian kelistrikan dengan menambahkan perangkat dan instrumen yang telah ada di dalam software. Dengan ini, anda dapat merancang desain listrik bangunan atau sirkuit listrik. Selain itu, anda juga dapat mengekspor desain yang telah dirancang ke dalam berbagai format PDF, SVG dan lainnya. Berikut adalah berbagai macam aplikasi wiring diagram listrik.


-IdealCircuit
Salah satu software wiring diagram listrik yang sangat direkomendasikan, dengan aplikasi ini, memberikan kemungkinan kepada anda untuk membuat serta menggambar dan menyimpan diagram listrik sebagai file.

Interfacenya yang sederhana menjadikan software ini mudah untuk digunakan, cocok dipakai untuk anda yang ingin mempelajari elektrikal desain. Didalam idealcircuit, anda akan menemukan berbagai macam instrumen listrik yang pada umumnya sering dijumpai seperti ; induktor, resistor, kapasitor dan lainnya.
Ada juga komponen yang biasanya ada didalam rangkaian listrik seperti amplifier, transistor, dan juga dioda.


-ProfiCAD
Salah satu software wiring diagram listrik yang memiliki fitur yang sangat banyak, tetapi hal yang perlu diperhatikan. ProfiCAD itu sendiri adalah aplikasi gratis hanya untuk penggunaan yang non komersial dan memiliki beberapa keterbatasan jika digunakan dalam versi gratis.

Software ini masih bisa anda gunakan untuk menggambar dan membuat diagram listrik lengkap dengan desain peralatan listrik untuk bangunan, rumah maupun perkantoran.

Software ini memiliki berbagai macam alat dan instrumen yang dapat dimasukkan ke dalam desain rangkaian listrik. Dan juga, user interfacenya yang membuat anda lebih nyaman untuk membuat desain. seperti yang kita tahu, aplikasi ini sama halnya seperti software wiring listrik lainnya, dapat mengekspor file diagram ke berbagai macam format, seperti file DXF atau bisa juga bentuk gambar PNG.


-Autodesk Circuit
Autodesk Circuit ini adalah salah satu aplikasi diagram listrik yang berbasis online, jadi anda dapat terhubung satu dengan user yang lainnya, sebelum anda menggunakan software ini, anda harus memastikan koneksi internet yang memadai.

Keunggulan software ini adalah memiliki banyak sekali berbagai macam fitur, seperti Electronics Lab, PCB Design, Library Manager, Circuit Scribe, dan juga Eagel.

Pada aplikasi ini memiliki rancangan skema yang hampir mirip dengan software fritzing, tetapi dengan fitur tambahan pada rangkaian tersebut agar dapat disimulasikan langsung melalui Arduino, ESP8266 dan lainnya.

Keunggulan lainnya dari software ini adalah user interfacenya yang sederhana dan mudah dipahami untuk pemula yang baru belajar dalam hal membuat simulasi rangkaian listrik.


-KiCAD
Umumnya, software KiCAD digunakan untuk mendesain sebuah rangkaian listrik pada sebuah PCB, namun anda juga dapat menggunakannya untuk membuat simulasi listrik dan mengekspor filenya ke berbagai macam format. KiCAD juga memiliki berbagai fitur dan alat yang dapat digunakan untuk merancang sebuah proyek listrik.

User Interface pada software ini juga sangat intuitif dan anda dapat dengan mudah menemukan semua komponen untuk merancang diagram listrik. Kelebihan lainnya pada software ini adalah kemudahan dalam mencari komponen listrik. Hal ini karena setiap komponen tersebut ditempatkan di satu tempat dan anda hanya perlu mencari lalu memasukkan ke diagram.

Pada aplikasi ini ada fitur “ Place Component “. Fitur ini dapat digunakan untuk memilih instrumen yang berbeda dan dapat ditambahkan ke ruang kerja. Untuk mengekspor file yang telah dibuat sebelumnya, dengan cara menekan shortcut Export Software pada menu untuk menyimpan dan mengekspor ke perangkat.

Ya, itulah tadi Aplikasi Wiring diagram listrik, anda dapat memilih salah satu dari beberapa aplikasi tersebut, demikian penjelasannya Wassalam.