Penjelasan Web-mail Dan Email Client serta Manfaatnya.

                                            
 


A.WEB EMAIL 

Pengertian webmail - Webmail atau web email adalah suatu aplikasi berbasis web yang disediakan oleh penyedia layanan email agar para penggunanya dapat mengakses email melalui sebuah browser di internet.

 

karena aplikasi ini berbasis web, maka para pengguna layanan Webmail tidak perlu melakukan instalasi perangkat lunak atau program, cukup mengisi sedikit konfigurasi menggunakan internet browser seperti internet explorer, microsoft edge, mozilla firefox, opera, maupun google chrome.


Siapa saja Penyedia layanan webmail?

Hampir seluruh perusahaan besar di bidang internet menyediakan layanan email gratis berbasis web “Webmail” , seperti Google Mail dengan produk webmail bernama Gmail, Search engine yahoo dengan webmail bernama ymail atau lebih dikenal dengan Yahoo Mail, microsoft dengan outlook webmailnya, American online dengan AOL mailnya dan masih banyak lagi.


Semua perusahaan raksasa di bidang internet, utamanya search engine” rata rata telah menyediakan layanan free webmail “aplikasi email berbasis web gratis” untuk menjaga loyalitas para usernya. 


Apa fasilitas Webmail yang tersedia?

Fasilitas yang tersedia jika mengakses email melalui webmail antara lain adalah:

1. Mengirim email

2. Membaca email

3. Membalas email

4. Meneruskan email

5. Menyimpan email

6. Dapat menghapus email

7. Mengembalikan email yang telah terhapus ke tempat semula

8. Dapat menggunakan lampiran dokumen

9. Dapat mencetak email.


Mengapa aplikasi ini sangat disarankan?

karena dengan menggunakan aplikasi ini, email kamu akan dapat diakses dari mana saja. Berbeda jika kita menggunakan aplikasi seperti Outlook Express, Mozilla’s Thunderbird dimana email tersebut hanya dapat diakses dari komputer tertentu. Salah satu kerugian mengakses email lewat webmail adalah harus terhubung dengan koneksi internet jika ingin mengecek atau membaca email di akun pengguna.


B. EMAIL CLIENT


E-mail Client merupakan suatu metode penggunaan e-mail dengan menggunakan sebuah perangkat lunak khusus yang digunakan untuk mendownload dan mengirimkan pesan e-mail. Pesan dikirimkan dan diterima melalui sebuah software yang memungkinkan terhubung ke dalam sebuah server, sehingga komputer kia akan berfungsi sebagai sebuah client dari server e-mail tersebut. Dalam mengakses e-mail client, kita membutuhkan software dan juga settingan POP/IMAP serta SMTP Server. Beberapa software yang digunakan untuk mengakses e-mail client diantaranya: 

Outlook Express, MS. Outlook, Eudora, dan Thunderbird. Biasanya, pengguna e-mail client adalah para pengguna yang menggunakan jasa layanan e-mail berlangganan (melalui ISP) dan berbayar. Salah satu e-mail client yang sering digunakan adalah POP.


Email client ini sangat sering digunakan sebab, ia sudah tersedia langsung dalam Windows. Konfigurasi dan penggunaannya pun cukup mudah, cukup lewat control panel atau Internet Explorer. Bisa dibilang Outlook Express ini adalah format standar e-mail client. File extension-nya adalah EML. Dilengkapi dengan menu export dan import membuatnya mudah untuk dipindahkan ke email client lainnya.

Namun, jika digunakan untuk urusan bisnis, Outlook Express ini dirasa kurang sekali. Ia tidak terintegrasi dengan software-software lain seperti messenger contohnya Skype, pdf reader and creator seperti Nitro PDF maupun antivirus seperti AVG Error handlingnya-pun kadang masih suka naik turun, utamanya jika berurusan dengan delivery status message. Jika berpindah sistem operasi seperti Linux, harus di-convert dulu.

keunggulan Email-client menggunakan software email client adalah  kita bisa mendapatkan update inbox terbaru tanpa kita harus mengeceknya secara manual. semisa microsoft outlook yang akan memberitahukan email baru lewat jendela login windows xp. dan kita juga bisa mengorganisir email secara offline.


itu dia tadi pembahasan mengenai penjelasan web email dan email client serta manfaatnya, semoga artikel ini bisa membantu kamu ya..